Lagu yang Membuat Tidak Bisa Tidur..

Hmmm, judulnya bikin penasaran ya?? Yupp.. Lagunya emang ‘special’, setidaknya menurut saya.. Dan sahabat-sahabat saya (juga pacar saya) sudah paham dengan selera musik saya yang agak aneh ini.. Hehe..

Sebenarnya lagu-lagu seperti ini bukannya sulit ditemui.. Beberapa bahkan sempat menjadi hits.. Tapi, lagu-lagu seperti ini tidak banyak, karena tidak punya aliran khusus (berhubung saya tidak tau alirannya apa, hahahaha)..

Mungkin hanya karena kebetulan, kadang-kadang dalam suatu album seorang penyanyi ada satu lagu yang ‘special’ seperti ini.. Hanya ada beberapa grup musik yang saya tau konsisten dengan jenis lagu seperti ini, misalnya The Cranberries dan Groove Coverage..

somehow.. somewhere..

Saya menyebut lagu-lagu seperti ini beraliran “mistis”.. Yah, sebatas istilah saya saja sihh.. Soalnya, ketika saya menyebut-nyebut kata ini waktu mengomentari suatu lagu, orang yang saya ajak bicara mayoritas mengernyitkan dahi.. (dan ketika ditanya “mudeng enggak??” jawabannya “enggak tuh..” -_-)

Pernah ada teman yang main ke rumah saya pada malam hari untuk keperluan tugas.. Kami mantengin komputer sambil saya puter tuh playlist saya (yang kebetulan saat itu lagu-lagunya ‘macam itu’ semua).. Si temen langsung bilang kalau dia merinding, lantas dia tanya “kamu kalo dengerin ini ntar malem apa bisa tidur??” ^^v

Coba deh, dengerin.. Lagu-lagu seperti yang akan saya berikan list-nya di bawah ini, jika didengarkan dengan seksama, boleh juga sambil memejamkan mata (apalagi didengarkan malam hari) akan semakin terasa ‘feel’nya hehehe.. :D

Mistis di sini bisa diartikan sangat luas, tergantung si pendengar dalam mempersepsikan lagu tersebut.. Bisa karena musiknya.. Bisa karena cara vokalis membawakan lagu, ini biasanya ditemukan di lagu-lagunya the Cranberries.. Bisa karena video klipnya, misalnya video klip Helena-My Chemical Romance atau I Miss You-Blink 182.. Bisa karena lirik-nya yang mengundang seribu tanya, dan beberapa ternyata dibahas di forum atau bahkan dianalisis asal muasal cerita yang menjadi inspirasi lirik lagu tersebut (misal : American Pie-Madonna, Aubrey-Bread, Strange Foreign Beauty-MLTR, Moonlight Shadow-Groove Coverage, dll)..

Ada suatu perasaan atau sensasi ‘tersendiri’ saat mendengarkan lagu-lagu ini.. Entah syahdu, entah merinding, entah hening, entah apa.. Seolah-olah perasaan Anda ‘dihempas’ ke sana kemari, seperti perasaan Anda dipermainkan, atau bahkan merasa seperti ada yang ‘hilang’ (yang terakhir ini adalah ungkapan yang paling sering saya pakai untuk menjelaskan sensasi lagu-lagu itu, dan lagi-lagi teman saya makin bingung mendengar penjelasan saya, hehehehe).. Indescribable pokoknya..

Jika Anda merasakan hal yang sama, bisa jadi selera kita sama (mari kita share dan bikin nama alirannya, hehehehehe) dan berikut ini mungkin bisa menjadi rekomendasi untuk melengkapi koleksi Anda..

Jika Anda penasaran, silakan search dan download lagu-lagu ‘mistis’ ini, kemudian temukan sensasinya :) berikut ini adalah judul & penyanyinya :

Frozen-Madonna, I Miss You-Blink 182, Mar Alto-Zeca Afonso, Hello-Lionel Richie, Snow On The Sahara-Anggun, Dust in the Wind-Kansas, Don’t Speak-No Doubt, The Day After Tomorrow-Saybia, Only Time-Enya,

Shape Of My Heart-Sting, Shape-Sugababes,

Hazard-Richard Marx, Now And Forever-Richard Marx,

How Many Hours-MLTR, Father and Son-Ronan Keating, Pure Shores-All Saint, Departure Acoustic Piano Version-Unknown, Don’t Dream It’s Over-Sixpence None The Richer, Viva Forever-Spice Girls,

Last Unicorn-Groove Coverage, Moonlight Shadow (piano ballad version)-Groove Coverage, Wind Of Change-Scorpio,

Kala Sang Surya Tenggelam-Chrisye, Kesan Di Matamu-Chrisye,

Song For a Friend-Jason Mraz, Mr.Curiousity-Jason Mraz, Bella Luna-Jason Mraz, Details in the Fabric-Jason Mraz,

Helena-My Chemical Romance, What About Love-Michael Jackson, Falling in Love at a Coffee Shop-Landon Pigg, Across The Universe-Rufus Wainwright

Well, i hope you will enjoy ’em.. :)

Nb: tambahan dari teman-teman ada di komen..

Advertisements

55 thoughts on “Lagu yang Membuat Tidak Bisa Tidur..

  1. eits,, mendeskripsikan lagu itu tergantung sensitivitas dan jiwa seni seseorang lho.. :P

    dan saya baru tau kalo ada teman saya yg setuju dengan cara saya mendeskripsikan lagu itu.. saya lega karena ternyata bukan saya yang ‘aneh’, tapi emang lagunya yg ‘aneh’.. hehehehe..

  2. update dulu :

    perjalanan – franky & jane
    antara aku kau dan bekas pacarmu – iwan fals
    ibu – iwan fals
    moment of peace – era & gregorian (udah lamaaa cari lagu ini, biasanya dibikin back sound silet atau on the spot dan sejenisnya.. baru ketemu sekarang haha)
    misere mani – era
    mungkinkah – broery marantika (lupa, judulnya mungkin atau mungkinkah ya? O.o)
    ingin ku lupakan – nike ardilla
    syair kehidupan – god bless

  3. yah ternyata kita sama. dari semua list yg mbak berikan. baru denger yang helena mcr, dont speak, dan yg paling berasa arrrr…seperti yg mbak deskripsikan..yg mistis bgt tu moment of peace..kaya illum!nat! gtu lah hiiiiiii
    list yg laen kapan2 coba aq dngerin. hhehee
    tp walopun seremm…kita suka dengerin ya….. hahhaa

  4. Pingback: Keajaiban Otak.. | Novsabatini's Blog

  5. Saya setuju dengan pendapatnya mbak, pertama dengar aubrey dan if nya bread, saya langsung suka, kalo lagu dewa yg cinta kan membawamu kembali, coba dengernya pas semua lampu mati, slank anyer 10 maret,

    • Coba denger Richard Cociante – Just for you & Gregorian – Moment Of Peace sambil merem deh.. Joss!
      Oh, MLTR yang Naked Like The Moon juga dahsyaaaat bo’..

      • Tambahan:

        Akhir-akhir ini suka nonton serial Night Stalker edisi remake tahun 2005 di channel fox.. Setelah cari tau, ternyata edisi remake ini termasuk gagal menyaingi popularitas versi sebelumnya (1974) terbukti dengan pembatalan tayangnya di beberapa stasiun TV..

        Yang bikin menarik adalah, opening soundtrack-nya itu lho! Emang cuman musik aja sih, tapi bikin kebayang terus.. Maklum, musik klasik emang kebanyakan agak-agak mistis, kesannya usang..

        Butuh perjuangan buat saya dapetin siapa composernya dan judulnya apa! Soalnya kalo cuma instrumental ga bisa di-googling berdasarkan liriknya.. Setiap pencarian berakhir ke Gil Meller (kalo ga salah ketik) yang mana composer di film 1974.. Setiap cari pakai kata kunci kolchak, yang muncul versi lamanya.. Sedih ya, soalnya ga populer yang versi baru..

        Akhirnya saya temukan opening soundtracknya : judul Vladimir’s Blue oleh Max Richter.. Selain itu saya download juga Max Richter yang infra 5 yaaah emang kedengerannya sejenis sih, tapi enak banget diputer malem-malem apalagi sendirian dan lagi galau.. #eh

  6. Pingback: Kolchak : Night Stalker (TV Series 2005).. | Novsabatini's Blog

  7. ya,aku juga merasa demikian. yang paling membingungkan itu adalah apa maksud dari lirik moonlight shadow dari groove coverage? jika di resapi liriknya seperti mengisahkan kisahnya sendiri di masa lampau, jadi si penyanyi bagaikan reinkarnasi dari tokoh yang di kisahkan.
    entahlah, mungkin itu hanya perasaanku saja.

    • Kalo persepsiku, itu menceritakan mantan kekasihnya yang udah mati ketembak (entah oleh siapa & karena apa)..

      Jadi penyanyinya kangen pengen ngobrol & ketemu, tapi si mantan udah di alam lain jadi ga bisa ‘kontak’..

      Memang lagu seperti ini bikin bingung, tafsirannya beda-beda tiap orang.. hahaha, justru itu yang bikin mistis..

  8. Sy salah satu orang yg suka dgn lagu moonlight shadow, baik oleh danna winner ataupun aseline debison. Bagi sy lagu moonlight shadow ni mistis juga, susah untuk dijelaskan dengan kata2. Terserah org mengatakan selera sy aneh. Tp bagi sy, ada aura tersendiri yg ada dalam lagu ini. Susah dijelaskan. Saya hanya bisa rasakan.

  9. nih tambahan baru, bagi yg belum punya.., :-)

    Dark Paradise – Lana Del Ray, Concrete Angel – Martina McBride, Over You – Miranda Lambert, Dance With My Father – Celine Dion, Sarah McLachlan- AngelSpoiler for, Mariah Carey, Boyz II Men – One Sweet Day

  10. Bwt saya sih yg bikin merinding lagu’y madonna-Frozen. Eh pas nyari terjemahan’y, yg ada malah ada blog “The Diary of Dajjal” ini. coba dech lihat sekedar tambah wawasan :-)

  11. Klo mba udah baca blog yg saya maksud itu, trus mba percaya gg bahwa lagu” itu mempunyai arti/makna & maksud tertentu?

    Oiya WordPress.com itu bersifat blog pribadi atw apa?

    #Aduh jadi banyak tanya & bingung gini :-)

    • Kita gak tau si pengarang lagu sebenernya lagi mikir apa pas bikin lagu itu.. Karena lagunya ‘ambigu’ maka tiap-tiap orang menterjemahkan sendiri-sendiri.. Kalo ditanya percaya atau gak hubungan lagu itu sama blog itu, ya bisa jadi.. Bisa jadi iya, bisa jadi bukan.. Bisa jadi juga ada orang yang menerjemahkan dan menghubungkan dengan hal-hal yang lain lagi..

      Kalo saya pribadi selama ini ga terlalu memperhatikan apalagi cari tau arti lirik lagu frozen, cuman didengerin aja udah kerasa aneh.. Video klipnya juga ga biasa.. Itu doank sih yang saya liat..

      Mmmh, kalo wordpress.. setau saya blog perseorangan yang nebeng sama si wordpress (?) Jadi domainnya tetep ada wordpress.. kecuali kalo yang bayar, bisa disesuaikan namanya..
      *btw agak bingung juga saya jawabnya, wkwkwk*

  12. setuju bnget sama list lagunya…krna aku jga tiap dnger lagu2 itu (sebagian lagu yg di list yang udh prnah aku dnger yg lainnya belom soale) rasanya kdang sedih,melayang dn byangn ada satu dunia lain diluar sana yg buat imajinasi jdi mncul brmacam2, dn trutama pas aku dnger only time-nya Enya sama moonlight shadow..and then The Cranberries adl band favoritku suka semua lagu2nya.

    • Haha.. Cranberries aku cuma punya album The Greatest doank.. Tu aja lagunya sealbum mistis semua.. salah satu yang konsisten di aliran lagu mistis..

      jangan lupa, tambahan list lagu yang ada di komen dicoba dengerin juga, pasti list mp3 playernya jadi nambah panjang deh ntar..

  13. Hahaha, unik juga … Nemu blog yang penulisnya punya sense yang hampir mirip sama saya soal menggambarkan musik. Intinya sih, menurut saya lagu itu kadar enak atau nggaknya tergantung mood hati waktu nyetel lagu itu. Simpelnya gini :

    1. Nyetel Coldplay – Paradise akan mempunyai efek beda ketika kamu setel sambil tracking ngelewatin luasnya savana menuju ke semeru, dibandingkan nyetel lagu itu melewati padatnya kota Jakarta.

    2. Helen Stellar – IO (This Time Around). Coba duduk di teras rumah, matiin lampu, terus nyetel lagu ini tengah malem sambil ngeliatin pepohonan sekitar yang daunnya bergoyang ditiup angin malam. Bandingin dengan nyetel lagu sambil nonton pertandingan basket.

    Ya balik lagi, ini sih sekedar pendapat saja dalam menikmati musik. Salam kenal :)

  14. Ingat sama forever young?
    Forever young
    I want to be forever young
    Do you really want to live forever?
    Forever
    Forever
    And EVER?
    “Maukah kamu aku tunjukkan kerajaan yg tak akan binasa?”

  15. Tambahan lagi :
    Hoppipola – Sugar Ross
    I’ve Seen It All – Bjork & Thom

    *pokoknya lagunya anak-anak PIL project rata-rata mistis semua hahaha, namanya juga grup anti mainstream*

    Lagunya apalagi yah, aim sering bolos koleb sih..

  16. Letto – sebelum cahaya
    (kok saya ngerasa musiknya agak nggantung gitu, jadi modelnya bikin ada yg ngganjel di hati)

    Panic at the Disco – Nine in the Afternoon

  17. Syair Kehidupan – Ahmad Albar

    Itu lagunya Nike Ardilla yang duet sama siapa yah (cowo, pake kacamata item), itu juga bikin merinding.. Selain itu juga ada satu lagunya Nike Ardilla yg paporit judulnya Mengapa-Mengapa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s