Pantai Klayar vs. Pantai Nampu..

Aaaaahhhh!!!!!!! Saya pengin nulis tentang pengalaman liburan ke pantai kemarin.. Tapi sudah sekitar 10 menit saya berpikir, kalimat apa yang pas untuk mengawali cerita kali ini.. Ketik-ketik.. Hapus lagi.. Ganti.. Ketik lagi.. Hapus lagi..

Menyerah!

Sepertinya cuaca hari ini yang mendung dan dingin tidak terlalu kondusif untuk berpikir terlalu berat.. Bagaimana jika kali ini saya to the point saja? Oke kan.. Oke ya.. Oke pasti..

Klayar Beach..

Pacitan..

Jadi, liburan akhir pekan kemarin saya dan teman-teman mendadak ke pantai lagi.. Hanya sebuah akhir pekan biasa, bukan long weekend, pada hari Minggu.. Dan, ya, memang terlalu mendadak untuk bepergian jauh.. Diawali dengan obrolan di grup whatsapp pada pukul 10 malam hari sebelumnya.. Dan keesokan harinya berkumpul jam 6 untuk bertolak..

Klayar!! Here we come!

Hanya berhasil menjaring 5 orang kontestan untuk piknik kali ini.. Tak mengapa lah.. Bagus malah, untuk ukuran mendadak.. Yah, daripada direncanakan oleh 10 orang kemudian gagal total..

:)

:)

Kami pergi naik mobil sedan.. Tanpa ada yang tau pasti lokasi.. Bermodalkan peta digital.. Dan keyakinan bahwa kami akan sampai.. *sampai mana ya? ga tau..*

Ternyata, jalan menuju klayar sungguh sangat melelahkan! Kami pergi ke tenggara, melewati Wonogiri.. Memutari waduk Gajah Mungkur.. Sampai di sana semuanya masih oke.. Jalan cukup lebar dan bagus.. Namun, ketika sudah sampai di belokan Gua Gong (atau gua apa ya?) jalan menjadi sangat sempit, berkelok, naik turun, dan berlubang di beberapa tempat! Bahkan kami bingung sewaktu di tengah jalan berpapasan dengan bus.. Fiuh..

Klayar lho..

Klayar lho..

Saya tidak sempat menghitung berapa kilometer melalui jalan kecil tersebut.. Karena saya mabok dibuatnya.. Lebih banyak memejamkan mata dan menyandarkan kepala.. Hingga kemudian, saya perkirakan sekitar 1 jam melalui jalan kecil tersebut, pantai!!!!! Horeeeee.. Sampailah kita..

Klayar, masih lumayan bersih dan tidak terlalu ramai.. Berpasir putih.. Dan bertebing batu yang elok bentuknya.. Konon, air laut bisa bersiul di antara tebing batu tersebut.. Namun sayangnya, ketika hari itu kami berkunjung, ombaknya sedang sangat besar sehingga kami tidak diizinkan memanjat batu karang tersebut meskipun telah memohon-mohon (hiperbol dikit) pada para penjaga pantai..

Klayar..

Klayar..

Puas berfoto dan bermain kecipak air (hari itu, ombak mengejar-ngejar kami), kami berniat makan siang.. Namun, apa daya karena hanya ada pop mie saat itu.. Maka kami memutuskan untuk berpindah ke next beach : Nampu!!

Note: sudah kami tanyakan pada penduduk, dan ternyata tak ada akses jalan lain ke klayar selain jalan kecil jelek tersebut.. Mmmmh, ada sih sebenarnya.. Namun kata penduduk lebih kecil daripada jalan yang kami lewati.. Jadi, bisa kita anggap tidak ada ya.. Deal!

Kembali ke jalan yang tadi, berbelok di salah satu perempatan untuk menuju Nampu.. Tenang, ada penanda jalannya kok.. Dan ada rumah penduduk untuk diketuk bila masih tak faham.. Setelah kira-kira (anggap saja) 1 jam perjalanan.. Mabok, lagi-lagi.. Plus insiden mobil kami tak bisa naik jalan menanjak sampai koplingnya terbakar.. Akhirnya..

Nampuuuuuuuuuuuuuu!!!!!!!!!!!!!!!!!!

jalan masuk ke Nampu..

jalan masuk ke Nampu..

Note: kalau akan ke Nampu atau Klayar dengan mobil, usahakan jangan naik sedan.. Gunakan mobil yang bertorsi besar karena tanjakan dan belokan di sana cukup tajam dan curam..

Woaaaaaa.. Elok nian pantai ini.. Lebih sepi daripada Klayar.. Masih, dengan pasir putihnya.. Terbentang luas.. Tanpa banyak karang.. Hanya bebatuan di beberapa teritori.. Dan kami menemukan air terjun di sana.. Bening sekali airnya.. Menyenangkan! Mengagumkan! Fotografer kami pun sampai beberapa kali berdecak kagum melihat pesona Nampu.. Seperti Dream land di Bali kata salah satu yang lain.. Feels like heaven..

Meskipun dengan ombak yang tetap masih besar, kami tetap bermain air dan berfoto.. Serta menaiki bukit.. Di atas bukit tersebut ternyata terdapat tugu perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Timur.. Ya, Pantai Namu memang terletak di kawasan Wonogiri, Jawa Tengah.. Pantai Klayar tak jauh dari situ termasuk ke dalam wilayah Pacitan, Jawa Timur..

from above..

from above..

Puas bermain, sekitar jam setengah 4 sore kami beranjak pulang.. Lagi-lagi tanpa makan.. Karena bahkan pop mie pun tak ada di sana, hanya ada penjual mie instant lengkap dengan kompornya.. Bahkan fasilitas basic kamar mandi belum begitu memadai..

Memang agak kesorean bertolak dari Nampu, kami melewatkan senja di daerah Batu Retno, dan saat hari telah beranjak gelap kami baru sampai di Gunung Pegat.. Konon banyak cerita menyeramkan di sini.. Jangan berharap lampu jalan akan banyak dan terang, di banyak titik bahkan belum ada lampu jalan sama sekali.. Hanya mengandalkan lampu mobil saja.. Bahkan di beberapa daerah, kanan-kiri masih merupakan hutan dan perbukitan, tanpa ada rumah penduduk.. Jadi, lain kali ingin ke sana pastikan pulang sebelum hari gelap..

Feels like heaven..

Feels like heaven..

Kami sampai Solo sekitar jam 8.30 malam.. Bila diestimasi, sekitar 4-5 jam kami habiskan di perjalanan, sudah termasuk waktu makan di pom bensin..

Lama-lama jadi makin item ke pantai terus nih, now.. what‘s next??! :)

Note: rasanya pegel semua badan ini sewaktu masuk kerja di hari Senin.. Plus mengantuk level tinggi.. Lain kali, tamasyanya jangan hari Minggu.. Sabtu saja deh.. ^^”

 

Foto-foto lainnya bisa dilihat di galery.. Enjoy! :)

*See also : previous vacation*

Advertisements

10 thoughts on “Pantai Klayar vs. Pantai Nampu..

  1. akses jalan ke nampu sama klayar lebih sulit mana?kr saya prnh ke klayar jalannya luar biasa sulit..
    minggu ini renc mau ke nampu?

    • Aksesnya 11-12 sama klayar.. jalan pas udah deket pantai itu lho, sempit banget.. kalo naik motor jauh lebih gampang, bisa shortcut juga (bagi yang tau)..

      Nampu mah lebih sepi lagi dari klayar (2 taun yang lalu lho, kalo sekarang kayaknya sih udah makin rame)..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s