Sangiran : Museum Manusia Purba..

Liburan akhir pekan yang lalu (25 Mei 2013) secara tiba-tiba dan tidak direncana saya mengunjungi obyek wisata Museum Manusia Purba ini..

2013-05-25 15.20.00

Tampilan Jalan Berangkat..

Ya, memang sangat mendadak.. Berawal dari acara main di kampus, kemudian saya ingin minum es degan (air kelapa, red).. Berangkatlah kami mencari es degan.. Sebenarnya di sebelah timur kampus sangat banyak penjual es degan.. Namun inilah serunya, kami malah berbelok ke barat.. Saya sendiri waktu itu sebenernya agak bingung, mau dibawa kemana hahaha.. Di suatu lampu merah di daerah Mojosongo, kami berbelok ke kiri..

Kalau belok ke kanan, nanti kita sampai ke Sangiran..

Begitu kata teman saya.. Sekedar menginformasikan niatnya, berhubung saya tidak terlalu familiar dengan jalan itu..

Ah beneran? Kalau gitu kita belok sana yuk??

Begitu saya tanggapi dengan spontan dan antusias.. Hehe, saya memang suka yang mendadak dan penuh kejutan..

And the story goes..

2013-05-25 15.50.12

W.E.L.C.O.M.E

Sangiran sepertinya sudah masuk wilayah Sragen (tetep : sepertinya).. Sebenernya tidak terlalu jauh dari kota Solo.. Kami berangkat melewati jalan Karanganyar yang relatif kecil, sepi, berlubang.. Sekitar kurang lebih 30-45 menit (oke, sebenernya saya ga ngitung sih) mengandalkan petunjuk jalan dan doa, akhirnya kelihatan juga pintu masuk dengan ornamen gading Mammoth raksasa itu..

Harga tiket masuknya Rp 5.000,00 per orang.. Belum termasuk ongkos parkir, tapi tenang aja tarif flat kok.. Hehe.. Untuk ukuran dadakan, kami cukup beruntung karena kami tiba sekitar jam 14.30 berhubung museum tutup jam 16.00..

2013-05-25 15.33.22

Ni di Ruang Display 1..

Ini pertama kalinya untuk saya berkunjung ke museum itu, alhamdulillah ada tour guide gratis yaitu teman saya.. Hehe.. Mulailah kami eksplor menjelajahi ruang display satu per satu.. Ada 3 ruang display.. Yang pertama, mempertontonkan rangka hewan purba serta visualisasi rekonstruksinya dalam bentuk 2D dan 3D.. Di ujung pintu keluar terdapat pula visualisasi rekonstruksi manusia purba 2D dan 3D..

Emmm.. Tapi agak gimana gitu ya.. Secara, tampilannya uncensored gitu.. Heeee..

2013-05-25 15.38.06

The Missing Link..

Puas foto-foto, kami menuju ruang display 2.. Di sini kami disambut dengan mini theater  yang mempertontonkan teori Big Bang.. Beberapa hewan baik kerangka maupun visualisasi rekonstruksinya juga masi ada, rekonstruksi goa tempat tinggal manusia purba juga ada, sisanya menceritakan proses penggalian kerangka manusia purba itu sendiri..

Di ruang display terakhir, ini paling sedikit sih.. Hanya terdapat satu visualisasi lingkungan manusia purba, namun cukup besar.. Mungkin maksudnya memberikan gambaran utuh bagaimana lingkungan manusia purba dulu, berhubung ada scene seorang anak menyusu pada Ibunya, serta dua orang manusia purba yang sedang bekerjasama menangkap rusa..

Keluar dari ruang display terakhir, kami disambut oleh taman yang cukup luas lengkap dengan 2 buah gazebo dan 1 kolam berair mancur.. Cocok untuk piknik bagi yang membawa bekal piknik.. Hee..

Kami kembali ke Solo melewati jalan yang berbeda dengan jalan berangkat tadi.. Kali ini, melewati jalan Solo-Purwodadi.. Meskipun lubang masih tetap ada, namun jalanan ini jauh lebih layak, sekaligus jauh lebih ramai daripada jalan yang kami lewati sebelumnya..

Berikut foto-foto yang berhasil kami himpun dari lokasi kejadian.. Sayangnya hanya bisa diabadikan lewat kamera HP yang tidak terlalu mendukung untuk mengambil gambar di ruangan yang agak remang-remang.. Jadi, sebagian besar gambarnya blur..

Next, kemana lagi ya? : )

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s