Bertemu Untuk Berpisah..

Pagi ini, rasanya campur aduk.. Berat.. Sedih.. Kalut.. Entahlah, terkadang diri sendiri kesulitan untuk menerjemahkan perasaan yang mampir di hati, apalagi jika harus mendeskripsikannya melalui kata-kata untuk mudah dimengerti orang lain..

Hari ini, seperti yang sudah aku prediksi jauh hari sebelumnya.. Suasananya akan penuh haru.. Sekaligus senang, dan sedih.. Setelah dihitung dan dibayangkan dalam angan-angan, meskipun berusaha lari untuk sekedar memperlama keberadaanku di sini, namun tetap saja, hari terakhir di kantor ini akhirnya tiba juga..

Pengunduran diri secara formal telah aku ajukan sebulan sebelumnya, sesuai prosedur, pemberitahuan ke cabang telah aku kirimkan seminggu sebelumnya, bahkan calon yang akan mengisi posisiku telah dipersiapkan dan diperkenalkan.. Perpisahan ini memang telah direncanakan.. Kesedihan yang terencana..

Samar dalam ingatanku, pertama kali masuk kerja dulu ternyata ada pertemuan internal departemen untuk menyambutku.. Aku diingatkan oleh pertemuan internal yang sama, dengan tujuan sebaliknya, yang mengubah perasaan canggung menjadi lekat.. Bahkan dalam kata-kata perpisahan dan pesan yang mereka sampaikan, telah mampu mendeskripsikan aku dengan baik, membuatku tak mampu berkata-kata untuk sekedar menyampaikan betapa beruntungnya aku diperkenankan Alloh untuk sempat mengenal mereka semua.. Kita tak hanya datang dan duduk bersama dalam satu ruangan dalam 8 jam sehari 5 hari seminggu, tapi kita berbagi pemikiran, berbagi cerita, berbagi pengalaman, bahkan berbagi makanan yang kita bawa dari rumah.. Sungguh, mereka ini adalah keluargaku.. Susah senang dan berjuang bersama..

Berat meninggalkan semua yang telah terbangun dari nol di sini, namun hidup adalah pilihan yang terkadang tak dapat memenangkan lebih dari salah satunya..

Telah ditetapkan di dunia ini, yang bertemu akan berpisah, dan yang datang akan pergi.. Jangankan teman, saudara, orang tua, anak, dan saudara, bahkan nantinya kita pun akan berpisah dengan jasad kita sendiri.. Ikhlaskan semuanya karena Alloh, agar dicatatkan semuanya sebagai amal kita di dunia.. (Admuawwan, 2013)

Advertisements

2 thoughts on “Bertemu Untuk Berpisah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s