Tips Menghadapi Ujian..

Aduuh.. Rasanya baru kemarin kelimpungan dengan perubahan-perubahan kurikulum Tematik yang baru diujicobakan.. Dibuat pusing dengan komplain customer versus memantau keadaan kompetitor.. Ternyata, minggu ini sudah ujian nasional lagi ya? *time is running out for real*

Sehubungan dengan musim ujian tahun ini (ujian nasional, ujian masuk PTN, ujian skripsi, ujian CPNS, apa aja lah) saya pengin sedikit berbagi tips menghadapi ujian.. Tentunya berdasar pengalaman saya sendiri..

1. Tentu : belajarlah.. Paling tidak seminggu sebelum hari H.. Atau jika ingin menerapkan SKS (sistem kebut semalam, red) seperti yang biasanya saya lakukan (hehe ketauan), sudah direncanakan dan dipersiapkan materinya, ngopy catatan teman, dll.. Tapi dengan catatan, kalau materinya sangat banyak mendingan diganti sistem kebut dua hari atau tiga hari gitu, biar aman..

2. Bikin rangkuman! Materi ujian pastinya seabrek-abrek, tapi tidak akan semua hal ditanyakan.. Pasti ada beberapa hal yang menjadi fokus materi.. Maka, rangkumlah.. Jangan hanya fotocopy rangkuman teman, karena jika kita menulis sendiri kita akan lebih ingat bahkan letaknya di kanan atas atau di kiri bawah halaman (secara visual lebih ingat), dan bagi saya ini sangat membantu.. Saya sering sekali lupa jawaban tepatnya, tapi saya ingat letaknya dalam catatan saya.. Maka dengan sedikit dipaksa, biasanya di detik-detik terakhir saya bisa tiba-tiba ingat semua.. *the power of kepepet*

3. Menjelang hari tes, lakukan apa yang membuatmu tenang.. Dulu, H-1 sebelum ujian saya diajak jalan-jalan oleh sepupu saya dan teman-temannya yang kebetulan sebaya alias sama-sama mau tes..  Mereka yang pergi hanya membawa dompet, sedangkan saya membawa tas besar berisi buku! Hahaha.. Bisa ditebak, memang hanya dibawa sih.. Mana sempat dibuka, lagi main ini.. Tapi hanya dengan membawa buku pun saya merasa lebih tenang, jadi saya lakukan..

4. Sempatkan belajar pagi sebelum ujian.. Review aja poin-poin penting yang dipelajari beberapa hari sebelumnya.. Baca lagi rangkuman yang sebelumnya dibuat.. Sumprit, ini masuk banget.. Refresh otak dan ingatan tentang bagian yang urgent pada materi..

5. Jangan lupa pasang alarm malam sebelumnya.. Ga lucu kalau hari-H ujian malah kesiangan..

6. Jangan lupa ke toilet dulu sebelum berangkat.. Yakin deh, panik karena ga bisa ngerjain sedikit banyak berimbas pada pencernaan.. Akan susah situasinya kalau tiba-tiba kebelet di tengah-tengah mengerjakan soal, karena itu akan mengurangi waktu pengerjaan..

7. Lakukan yang biasa kamu lakukan di pagi hari.. Kalau biasa sarapan, jangan lupa sarapan dulu daripada kelaparan ga bisa ngerjain.. Kalau biasa tidak sarapan, jangan tiba-tiba makan banyak daripada mules.. Yang perlu diingat, jika ujian lebih dari satu sesi, bawa bekal roti dan air minum untuk jaga-jaga.. Berpikir 2 jam atau lebih bakalan menguras banyak energi.. Sewaktu mengerjakan memang tidak sadar, tapi ketika keluar ruangan tiba-tiba kaki bisa gemetar karena lapar..

8. Alat ujian disiapkan hari sebelumnya, dan dicek lagi sebelum berangkat.. Pensil, penghapus, usahakan bawa lebih dari satu..

9. Sebaiknya tidak begadang semalam sebelum ujian agar stamina terjaga dan tetap segar ketika mengerjakan soal..

10. Jaga kondisi.. Seminggu sebelum ujian sampai hari-H usahakan jangan sakit.. Kalau ada gejala, mending langsung minum obat biar tidak terlanjur sakit..

11. Siapkan tisue untuk jaga-jaga kalau tiba-tiba pilek karena AC terlalu dingin atau tangan dan dahi berkeringat.. Boleh juga siapkan jaket kalau memang ga tahan AC..

12. Jangan lupa minta doa restu terutama dari kedua orang tua saat akan berangkat ujian.. :)

13. Berdoa, selalu, kapan pun, dimana pun..

image

Tambahan untuk yang ikut SPMB atau UMPTN.. Berhubung penilaiannya yang benar +4 salah -1 serta tak boleh ada nilai nol, tentunya butuh strategi spesial.. Tak harus super pintar yang bisa menjawab semua soal untuk bisa lolos UMPTN, asalkan strateginya benar..

14. Ga bisa Fisika? Ga masalah! Dan tidak perlu dikejar dengan les mati-matian.. Saya dulu pun menyerah dengan yang satu ini, tiap tes hampir bisa dipastikan saya remidi.. Mau dipaksakan bahkan dengan les privat bertiga pun, tetap saja nilai tak jauh beranjak dari angka 5.. Maka, solusinya : LEAVE IT! Tinggalkan saja yang benar-benar lemah.. Cukup pelajari satu atau dua bab saja, tapi benar-benar dikuasai dan dipastikan bisa menjawab (karena tak boleh ada nilai nol atau minus)..

15. Kebalikan dari no.14, maksimalkan di bidang yang kamu benar-benar bisa.. Kalau perlu sampai les privat, agar benar-benar yakin.. Berhubung saya suka Kimia dan Matematika, saya maksimalkan di situ.. Dari 20 soal, Kimia benar 19 nomor (hasil les privat 3 orang sekali pertemuan @20 ribu).. Les di tempat yang mahal tidak sia-sia, asalkan mendapat guru yang tepat..

16. Nah, kalau no.14 dan 15 sudah dilakukan, sekarang strategi eksekusi yaitu saat hari H.. Memang agak ribet, tapi terbukti efektif.. Ketika mengerjakan, tandai soal : yang yakin bisa dikerjakan dan yang ragu-ragu.. Jawab yang yakin dulu di lembar jawab, lalu hitung (kalikan 4).. Jika jumlah sudah jauh melampaui passing grade jurusan yang dipilih (biasanya perkiraan PIG ada di try out) ya sudah.. Aman.. Tapi jika belum, hitung kurang berapa.. Dari situ, baru diputuskan berapa jumlah soal lagi yang perlu dikerjakan untuk sampai PIG : kerjakan soal yang ragu-ragu.. Tapi ada syaratnya, yaitu dilihat di tiap mata ujian agar nilainya tidak nol atau minus.. Misalnya, untuk Fisika karena saya tinggalkan maka dari 20 soal saya hanya bisa menjawab dengan yakin 2 soal.. Karena benar-benar yakin, poin Fisika saya ada 8 (2 x 4).. Maka saya boleh menjawab lagi maksimal 6 soal yang ragu-ragu di mata ujian Fisika.. Tujuannya, agar jika jawaban ragu-ragu itu ternyata salah saya masih mendapat nilai +2 di Fisika.. Kekurangannya ditutup dengan mata ujian lainnya, Biologi atau Bahasa Inggris misalnya (dengan perhitungan yang sama).. *semoga tidak bingung*

Sepertinya demikian yang dapat saya bagi.. Kalau ada yang kurang, boleh ditambahi.. Semoga adik-adik yang ujian semuanya diberikan kemudahan dan kemanfaatan dalam ilmu yang dipelajari dan diujikan.. Tetap semangat, berikhtiar dan berdoa.. :)

Advertisements

2 thoughts on “Tips Menghadapi Ujian..

  1. Pingback: Belajar & Mengajar.. | Novsabatini's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s