Pengalaman Pertama : Tanah Abang – Glodok – Mangga Dua..

Eits, saya bukan ganti profesi sebagai kernet angkot lho ini.. Tempat-tempat tersebut adalah deretan tempat yang saya kunjungi akhir pekan ini.. Sungguh akhir pekan yang sibuk.. *akhirnya punya kesibukan hahaha*

Hari Jumat saya diajak main oleh teman SMA saya yang kebetulan satu profesi sebagai ibu rumah tangga.. Dulu pernah diajak main ke Pasar Minggu dan ke Depok tapi untuk menyelesaikan urusan, kali ini urusan kami adalah jalan-jalan dan belanja.. ^_^

Dari Depok teman saya naik motor ke Ragunan, ceritanya jemput saya.. Kami kemudian ke Stasiun Lenteng Agung dan naik kereta ke Tanah Abang.. Komuter Line dari Lenteng Agung ke Tanah Abang hanya seharga Rp 3.000,- per orang, karena pakai kartu BRIZZI saya dapat potongan Rp 1.000,- promo bulan September katanya.. Saya berkesempatan belajar trik untuk mendapatkan tempat duduk di dalam KRL ini, diajari teman saya berhubung saya sendiri sangat amat jarang ber-KRL..

Sampai Stasiun Tanah Abang kami menyeberang jalan dan masuk gang, tembus ke Blok F Tanah Abang.. Saya sama sekali buta Tanah Abang, nggak ngerti bedanya blok A dst apa, jadi saya ngikut aja.. Di perjalanan sebelum masuk gedung blok F, saya melihat jilbab di sebuah toko dan langsung beli 2 pasmina, satu seharga Rp 25.000,- dan satu lagi Rp 20.000,- tidak berhasil kami tawar, tapi menurut saya lumayan murah.. Ada juga pasmina lainnya yang harga Rp 15.000,- tapi bahannya lebih tipis..

Kami muter-muter dan tanya-tanya, tujuan kami adalah Blok A.. Konon kata teman saya, blok A itu lengkap dan teratur per lantainya, ada lantai untuk busana wanita, pria, anak kecil, jilbab, dan lain-lain.. Singkat kata, kami sampai di Blok A, belanja, kemudian pulang.. Kami sempat membeli camilan donat kentang seharga Rp 2.500,- per biji ternyata empuk banget jadi kami beli lagi untuk oleh-oleh suami di rumah..

Belanjaan kami di antatanya blouse seharga Rp 35.000,- kembaran berdua dan sepatu sandal Rp 35.000,- model crocs.. Banyak barang yang masih ingin dibeli, namun karena keterbatasan waktu, tenaga, dan harga yang belum sepakat ditawar, akhirnya gagal dibawa pulang..

Hasil Belanjaan di Tanah Abang..

Ganti topik, keesokan harinya saya diajak suami ke Glodok untuk cari mp3.. Ceritanya suami punya mp3 tapi entah dimana dicari tidak ada, akhirnya diputuskan beli lagi.. Tapi masalahnya, suami pengin model seperti mp3 yang hilang : merk creative, daya pakai baterai AAA.. Model lama seperti itu sulit diperoleh.. Beberapa hari sebelumnya sudah browsing berbagai macam toko online tapi tidak ketemu.. Ada sih di amazon.com tapi harganya $ 149 alias sekitar sejuta dalam rupiah.. Sepulang dari Tanah Abang malamnya saya diajak ke Mall Ambassador, tapi masih tidak ketemu..

Konon di Glodok penjual alat elektronik lengkap berbagai macam model.. Jadi kami berburu ke sana.. Namun ternyata kami hanya menemukan satu mp3 model lama pakai baterai namun merk abal-abal seharga Rp 50.000,- yang akhirnya tidak jadi dibeli karena ragu-ragu.. Sebenarnya di sana banyak toko, namun entah kenapa sebagian besar tokonya tutup padahal waktu itu masih jam 11 siang.. Menurut sayq Glodok lebih tepat untuk mencari alat-alat industri seperti mata bor berbagai tipe dan ukuran, mesin-mesin pabrik dan suku cadangnya.. Alat komputer dan HP kurang lengkap..

Akhirnya suami saya tanya ke penjual koran yang kebetulan berpapasan sewaktu kami hendak ke tempat parkir.. Menurut Abang penjual koran, untuk alat komputer yang lebih lengkap di Mangga Besar, tapi kalau mau lebih lengkap lagi di Mangga Dua.. Kami pun menyeberang ke Mangga Besar, tapi ternyata sama saja hanya alat industrial yang merajai.. Kami putuskan pindah ke Mangga Dua..

Sempat salah belok dan akhirnya harus mengitari Kota Tua, akhirnya kami sampai di ITC Mangga Dua.. Namun itu ternyata juga keliru, karena kami masuk ke Mall Busana sedangkan Mall Alat Komputer ada di seberang.. Untunglah ada jembatan antar kedua Mall tersebut.. Sampai di Mall Alat Komputer, ternyata memang benar-benar lengkap.. Hampir semua toko di semua lantai berisi alat komputer, dari baterai laptop, printer, sampai pernak-pernik komputer..

Namun sayang, mp3 yang diharapkan tetap tak ditemukan.. Bahkan yang second pun tidak ditemukan.. Kata penjual, merk creative sekarang sudah tidak mengeluarkan mp3 untuk Indonesia.. Akhirnya karena sudah jauh-jauh dari Ragunanke Mangga Dua, suami membeli Kube seharga Rp 185.000,- minus SDcard tapi sudah termasuk headset.. Ada yang all in seharga Rp 250.000,- hingga Rp 285.000,- alhamdulillah kami mendapat harga yang paling miring setelah mengitari hampir semua toko di semua lantai..

Itulah pengalaman jalan-jalan saya akhir pekan ini.. Tujuan berikutnya, rencana belanja di Thamrin bersama emak-emak, dan ke Kota Tua bersama suami.. Tunggu gajian dulu tapi.. :-P

***

 

Tambahan:



Karena banyak viewer artikel ini dengan kata kunci dari Tanah Abang ke Mangga Dua naik apa, atau naik kereta ke Mangga Dua, dan sebagainya.. Saya informasikan bahwa :

1. Mangga Dua tidak bisa diakses langsung naik kereta.. KRL hanya berhenti maksimal di stasiun Jakarta Kota (dekat Kota Tua), untuk ke Mangga Dua harus ke Timur lagi, tapi deket banget kok dari bundaran Kota Tua, tinggal lurus doank, bisa diakses dengan sekali naik angkot.. Angkot nomer berapa, silakan tanya-tanya saja ke petugas KRL Kota Tua..

2. Dari Tanah Abang ke Mangga Dua : Naik KRL dari Tanah Abang jurusan Bogor/Mambo, kemudian turun di Manggarai untuk transit.. Dari Manggarai cari KRL ke arah Kota Tua (baca papan petunjuk di atas peron stasiun).. Baru setelah itu disambung angkot ke Mangga Dua.. Mengikuti langkah nomer 1..

3. Kemudian untuk menuju Glodok, dari arah Selatan (Bogor, Depok, Jakarta Selatan) bisa naik KRL arah Jakarta Kota, turun di Mangga Besar.. Mangga Besar dan Mangga Dua jauh loh.. Mangga Besar seingat saya pas di belakang ITC Glodok..

4. Menuju Glodok dari Tanah Abang atau arah lain, prosedurnya sama dengan nomer 2, cari KRL untuk transit di Manggarai, kemudian lanjut KRL ke arah Jakarta Kota, turun di Mangga Besar..

Semoga membantu.. :-)

Yuk baca juga artikel saya yang lain :

1. Review tempat belanja di Jakarta

2. Tempat belanja buku bekas murah di Pasar Senen

3. Pengalaman jalan-jalan ke Pasar Baru

4. Tips jika ingin mengunjungi Jakarta Fair

5. Belanja Bahan Kain ke Cipadu Trade Center 

Advertisements

5 thoughts on “Pengalaman Pertama : Tanah Abang – Glodok – Mangga Dua..

  1. Pingback: Tempat Belanja di Jakarta (Selatan).. | Novsabatini's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s