Keajaiban Otak..

Beberapa kali, saya mengendarai motor dalam keadaan tidak fokus [maklum, suka berpikir dan berkhayal dimana saja kadang tidak tahu waktu].. Tapi ajaibnya saya bisa sampai juga ke rumah, sedangkan saya tidak terlalu ingat suasana sepanjang jalan tadi.. Atau suatu waktu ingin pergi ke tempat A yang searah dengan kantor.. Karena kebiasaan buruk tidak fokus saat mengendarai motor, saya terkejut ketika menyadari bahwa saya ternyata tidak berada di tempat A yang saya tuju, melainkan di kantor.. Pernah mengalami seperti itu juga?

Bulan ini, acara di channel Lifetime tidak sesuai dengan selera saya, terlalu banyak acara memasak, sangat sedikit film pendek dan serial.. Di channel lain pun sama, tidak terlalu menarik.. Jam menonton televisi saya pun berkurang drastis.. Suatu ketika suami menonton sebuah acara di National Geographic yang meskipun membuat banyak berpikir ternyata cukup menarik untuk disimak..

image

B . R . A . I . N

Dilihat dari maskot National Geographic yang tidak lain adalah otak manusia, saluran berlogo bingkai kuning ini memang memiliki seabrek acara yang informatif, ilmiah, logis, melatih otak berpikir dengan cara yang menyenangkan.. Tidak selalu tayangan dengan rumus-rumus atau teknologi masa kini yang rumit, melainkan melalui kegiatan sederhana sehari-hari yang bahkan selama ini tidak terpikirkan “oh, ternyata begitu ya”, seperti kejadian yang saya alami di atas yang dibahas dalam acara Brain Games..

Acara tersebut mengungkap rahasia-rahasia betapa mengagumkannya otak manusia.. Bagaimana otak yang tidak begitu besar dapat menyimpan informasi yang sangaaat banyak, dan bahkan dapat belajar, mengingat, mengolah informasi yang terus menerus terjadi selama hidup kita..

Otak dapat menerima dan mempelajari suatu hal, dalam proses tersebut akan ada titik-titik yang terhubung menjadi jembatan baru dalam otak.. Suatu saat, ketika mengalami kejadian yang sama atau serupa, otak akan mencari jalan yang pernah dibuatnya.. Dengan begitu, otak tidak perlu terus menerus membuat jembatan yang sama untuk setiap kegiatan yang kita lakukan.. Hal ini akan menghemat kapasitas otak dan memberikan tempat kosong untuk menyimpan setiap informasi yang sama sekali baru..

jual baju bayi lucu

Semakin jarang kita mengingat, semakin lama tidak diakses, semakin tidak berbekas suatu peristiwa, jembatan yang sebelumnya terbentuk akan semakin pudar.. Inilah jawaban mengapa kita tidak bisa mengingat masa kecil dengan jelas, lupa penjelasan guru karena fokus kita terbagi pada komik di balik buku pelajaran, dan sebaliknya kita ingat kapan ulang tahun orang tua, kapan pertama kali pergi ke luar negeri, dan hal-hal yang hanya sekali seumur hidup namun sangat berkesan bagi kita..

Kadang ketika saya mendengarkan sebuah lagu lama, saya merasa seperti pernah mendengarnya di masa lampau, atau semacam ada perasaan dari masa lalu yang muncul kembali dan susah dijelaskan.. Mungkin memang di masa lalu saya benar-benar pernah mendengarnya dan berkesan bagi saya, tapi karena masih terlalu kecil saya tidak tahu siapa penyanyinya, apa judulnya, dan bagaimana lirik pastinya.. Tapi kesimpulan saya waktu itu “lagu ini bagus” dan ini tersimpan dalam otak saya.. Atau bisa jadi sebenarnya saya belum pernah mendengar lagu lama itu, hanya sebuah melodi yang mirip, karena musik pada era tertentu kebanyakan punya gaya dan melodi yang mirip.. Hingga bertahun-tahun kemudian saya mendengar sebuah lagu, entah sebelumnya memang sudah pernah mendengar atau hanya kemiripan melodi yang membangkitkan kembali alur jembatan yang sebelumnya sudah menipis di otak saya.. Berasa abu-abu, antara pernah dengar dan tidak.. Ini menimbulkan sensasi tersendiri, seperti sebuah film yang dibuat tokoh utamanya baik tapi ternyata berakhir dengan tokoh utama adalah penjahat yang sebenarnya.. Halah..

Semakin sering kita melakukan pengulangan, jembatan tersebut akan semakin kokoh atau mungkin jika diibaratkan dengan google maka akan muncul pada deretan pencarian teratas.. Hal kecil yang tidak kita sadari, kita memakai baju setiap hari dengan urutan yang sama, misal : celana dulu, kaki kanan dulu kemudian kaki kiri, lalu memakai baju, kepala dulu, kemudian tangan kanan, lanjut tangan kiri.. Begitu pula kegiatan sehari-hari polanya cenderung berulang, bangun tidur, sholat, beberes kamar, mandi, makan, dandan, dan berangkat ke kantor kemungkinan setiap hari melalui jalan yang sama.. Bahkan ketika pagi hari masih dalam keadaan mengantuk pun, kita bisa tiba-tiba sampai kantor seakan prosesnya telah kita skip saat keadaan autopilot.. Ajaib, bukan? Kita tak perlu memikirkan bagaimana kita memakai baju, tangan kanan atau kiri dulu, makan dulu atau mandi dulu, dan hal-hal rutin lainnya.. Kehidupan kita akan jauh lebih efisien dan praktis, energi dan kapasitas otak dapat kita alokasikan untuk hal-hal lain yang lebih rumit, memecahkan masalah, atau untuk hal-hal kreatif seperti membuat posting blog ini misalnya.. Hehe..

jual perabot rumah home decor lucu

Kini saya tahu itulah pentingnya belajar, melakukan pengulangan, bukan hanya mendengar penjelasan guru melainkan menyimak, bukan sekedar membaca melainkan mencatat..

Nah itu adalah sepenggal dari tayangan Brain Games yang malam itu saya tonton bersama suami.. Saya suka dengan tayangan yang bermutu dan punya wow factor seperti ini.. Look, human’s brain is super amazing, isn’t it? Bahkan yang menciptakannya lebih super amazing lagi, subhanalloh.. Alhamdulillah..

[Nov Sabatini]

Yuk, baca tulisan saya yang lain :

1. Film kontroversial : Flowers in the Attic

2. Story behind the X-Men

3. The Pickers : pemulung keren

Advertisements

2 thoughts on “Keajaiban Otak..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s