In Memoriam Of Pusy..

Sudah banyak tulisan yang saya buat mengisahkan beberapa hewan peliharaan kami sekeluarga dan betapa kami sayang mereka.. Terlalu sayang malah, sehingga terlalu sedih saat harus melepaskan yang disayang..

Akhir tahun 2013 kemarin, kami kehilangan Mocca yang pergi tanpa pamit dan tak kembali sampai sekarang.. Dan kemarin (18 Nov 2014), kami juga harus mengikhlaskan Pusy, kucing kesayangan keluarga kami..

 

image

Memories of Pusy..

Terakhir saya bertemu Pusy adalah sewaktu pulang mudik lebaran bulan Agustus.. Selebihnya saya hanya rutin dikirimi foto piaraan di rumah..  Waktu itu Ibu mengeluhkan piaraan kok akhir-akhir ini tidak mau makan banyak, mungkin karena bosan.. Maklum, sering ganti-ganti dan coba-coba makanan baru sehingga kebiasaan gampang bosan.. Ibu lalu meng-upgrade makanan mereka menjadi yang seharga Rp 100.000,- per kilo.. Sejak itu, Pusy makannya jadi tak terkendali (karena makanan memang tidak dijatah, disediakan sepanjang hari) dan dalam satu bulan menjadi super gendut.. Didukung dengan sifat penakut Pusy yang membuatnya sepanjang hari dan malam hanya di sekitaran rumah, tidak berani berkeliaran, sehingga kebanyakan waktunya selain makan adalah tidur..

Seminggu yang lalu Pusy tidak mau makan dan tidak semangat kemana-mana.. Saat dibawa ke dokter, diukur suhunya ternyata demam.. Pusy kemudian disuntik untuk menurunkan demam dan diberi vitamin agar mau makan kembali.. Malamnya, Pusy sudah mulai mau berkeliaran di sekitar rumah.. Namun nafsu makannya tetap tidak meningkat, hingga suatu titik dimana 2 hari sama sekali tidak makan..

jual tas unik lucu

Ibuk lalu membawa Pusy kembali ke dokter hewan, oleh dokter dicek ternyata sudah pucat dan harus infus agar mendapat nutrisi.. Jadilah Pusy opname rawat inap di klinik veterinari dekat rumah..

Esoknya, Bapak dan Ibuk ke klinik meninjau perkembangan Pusy.. Sudah agak baikan, sudah tidak pucat, sudah mau mengeong ketika dielus Ibuk meskipun lirih.. Ternyata, penyebabnya adalah Pusy tidak bisa poop.. Kebanyakan makan, kurang minum sehingga poop-nya keras dan tidak mau keluar, setelah dibantu dokter sedikit-sedikit bisa keluar dan Pusy mulai mau makan.. Namun, dokter belum mengizinkan pulang karena kondisinya masih lemah dan diperkirakan masih ada poop di dalam yang belum bisa keluar..

image

Kasian.. :-(

Kemarin siang kami bahkan sudah memperkirakan besok atau lusa Pusy sudah boleh pulang, rencana besok Ibuk ke klinik lagi bersama adik saya sekalian mengisi angin roda depan mobil siapa tahu sekalian bisa membawa pulang Pusy..

Sorenya, Bapak mendapat kabar dari klinik bahwa Pusy drop.. Badannya kuning karena kotoran yang tidak bisa keluar sudah jadi racun dan diserap tubuh.. Pukul 16.00 sore Pusy meninggal..

Sedihnya, kami sekeluarga.. Saya langsung telpon Ibuk saya, yang saat itu masih menangis.. Saya pun pagi ini bangun tidur rasanya ada yang hilang..

image

Ah Pusy, aku kangen..

Kata Bapak, Pusy sudah dipasrahkan ke klinik, minta diurus dan dikuburkan yang baik.. Rasanya tidak tega melihat Pusy yang kemarin masih digendong dan mengeong sekarang sudah tidak bernyawa, apalagi menguburkannya sendiri.. Kadang, kesan terakhir tidak bisa dilupakan.. Oleh karena itu, biarkanlah kesan terakhir kami mengenai Pusy adalah ketika diserahkan ke klinik untuk rawat inap, anggap saja seperti Pusy diberikan ke orang lain kemudian orang tersebut pindah entah kemana..

Beberapa waktu yang lalu saya sempat berharap semoga Pusy yang lucu tetap lucu seperti seekor anak kucing yang dekat dengan orang tua saya.. Don’t grow up! Dan memang, Pusy tidak bertambah dewasa lagi sekarang.. :'(

image

Bapak sayang banget sama Pusy..

image

Pasti lebih sedih daripada aku..

image

Berkabung..

Kecewa dan kehilangan memang ada, apalagi kesedihan.. Tapi kami sedikit lega karena sudah berusaha semampu kami, dan sekarang Pusy sudah bahagia di sana, tidak merasakan sakit lagi.. Mungkin banyak orang mencibir, segitunya sama kucing.. Tapi biarlah, kami terima saja, biarkan mereka berkata semaunya karena mereka tidak bisa merasakan sayang kami pada Pusy.. Biar bagaimana pun, bagi keluarga kami piaraan adalah part of the family, kami bertanggung jawab dan sayang pada mereka..

“Banyak orang mencibir, biarkan saja.. Misal mereka punya anak jelek lalu jatuh sakit dan opname, apakah kita berhak berkata “Anak jelek kayak gitu aja dibelain opname”, enggak kan? Tiap orang punya kesayangan sendiri-sendiri, memang ekstrim tapi bagi catlover kucing itu sudah seperti anak sendiri.. Dan itu yang terjadi padaku,” kata teman saya [Dibsi B.S, 2014]..

image

Kesayangnku..

Well, selamat jalan Pusy.. Kelucuanmu dan kenakalanmu yang menggemaskan akan kami kenang.. We love you..

[Nov Sabatini]

Yuk, baca tulisan saya yang lain :

1. Piara kucing bikin susah hamil? Yuk, simak penjelasan SPOG

2. Cara mengajari kucing agar tidak mencuri makanan

3. Pusy patah hati ditinggal KP

Advertisements

4 thoughts on “In Memoriam Of Pusy..

  1. Kita punya pengalaman yang sama….saat kucing ku yang baru 5 hari aku pelihara kabur dari rumah krn ada saingan kucing jantan ku yang lain aku keliling sekitaran rumah mencarinya dan banyak yang mencibir bahkan mengejek tapi aku mah bodo amat..sampai tulisan ini aku bikin aku masih menunggu kepulangan nya yang sudah 4 hari kabur..dan soal kucing peliharaan ku yang mati karna sakit juga tak terhitung apalagi yang di tabrak mobil..melihat aku menangisi kepergian kucing ku banyak diantara mrk yang tersenyum mengejek..mrk tak tau efek yang kita rasakan jika kita menyayangi mrk…kucing itu bagian hidup aku…kucing yang aku bawa pulang dan pelihara adalah kucing jalanan yang aku temui di jalan…sampai sekarang hal itu berlanjut..aku tak mau minta kucing yang punya majikan aku lebih suka memungut kucing yang terlantar dan kelaparan di jalan..
    i love cats

    • Aaaaaak.. Mbak Desi.. terharu deh bacanya..

      iyap, kucing-kucing liar butuh orang-orang kayak mbak, yang sadar dan memperlakukan mereka selayaknya makhluk ciptaan Tuhan juga.. Ga perlu biaya banyak juga, kucing liar di sini dikasih tahu 2 hari kemaren juga buat rebutan kok (kasian ya..)

      Mereka tau kok, mana orang yang baik dan sayang sama mereka, dan meskipun mereka ga bisa membalas secara langsung apa yang udah kita kasih insya Alloh yang bales Tuhan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s