Kotak-Kotak..

Kemarin di beranda media sosial saya ada situs ini yang tiba-tiba muncul (entah karena ada teman yang like atau karena iklan yang kadang pop up secara otomatis : http://www.lloveislam.com/2015/02/27/kita-ditipu-hidup-hidup-oleh-orang-yahudi/ dan karena penasaran, saya masuk ke sana..

Isinya sebenarnya scientific, yaitu di antaranya : 1.) Mengenai susu formula, yang diproduksi oleh orang-orang sana, tapi ternyata mereka sedikit yang mengkonsumsi.. Konsumen terbesarnya ya masyarakat kita-kita ini.. 2.) Mengenai hati binatang, yang konon bagus untuk kesehatan, menambah darah, dll.. Padahal faktanya hati adalah organ penetral racun, semua racun masuk ke hati.. Jadi bertanya-tanya lagi apakah hati sebenernya berefek positif atau negatif? 3.) Mengenai kopi, yang katanya tidak bagus untuk kesehatan.. 4.) Mengenai kedelai yang katanya bagus untuk kesuburan..

Karena ilmunya menarik, saya bagikan ke halaman saya.. Ternyata, ini berbuntut panjang dengan adanya perang komentar dengan salah satu teman yang kebetulan tidak seiman dengan saya.. Memang saya akui saya juga salah dengan menyebar artikel ‘panas’, yang membuat orang lain tersulut.. Kesalahan saya yang kedua adalah menyangka orang lain akan berbaik sangka.. Tapi jujur, niatnya untuk membagi ilmunya, bukan menjelekkan golongan tertentu..

jual home decor wallpaper lucu

Faktanya, beberapa dari poin yang disebut pernah saya baca di lain kesempatan.. Berita tentang susu formula dan hati binatang saya skip ya karena sudah pernah beredar beberapa waktu yang lalu, juga karena fungsi hati secara biologis memang benar seperti di tulisan itu.. Kemudian tentang kedelai untuk kesuburan, saya pernah baca pengalaman beberapa orang di forum bayi tabung, mereka dilarang dokternya mengkonsumsi kedelai sebelum sel telur dipanen, karena ternyata kedelai (entah kacang-kacangan lain bagaimana?) membuat sel telur menjadi kecil.. Namun sehabis dipanen mereka justru dianjurkan makan kedelai karena bagus untuk rahim.. Efeknya terbalik buat sel telur dan rahim..

Selanjutnya tentang kopi, saya pernah bertanya sendiri pada dokter berhubung saya termasuk penggemar kopi.. Dokter mengamini kalau kopi itu sebenernya bagus buat kesehatan, asal diminum tanpa gula #wek.. Padahal secara pribadi dokter saya itu tidak seiman dan tidak sesuku dengan saya..

Lebih jauh lagi, bahkan ketika orang-orang sana tau kalau kopi itu bagus dan gula dalam kopi tidak bagus, justru minuman nomor satu di Barat sana adalah coke yang mana kandungan gulanya banyak.. Atau contoh, mereka tau junkfood itu tidak bagus dan turut berperan membuat orang-orang sana obesitas.. Tapi brand makanan cepat saji semuanya berasal dari sana..

Jadi, korban dari ketidaktahuan informasi ini (baik sengaja disembunyikan, atau sudah disiarkan tapi kalah populer dengan iklan produk yang bersangkutan) bukan hanya golongan atau agama tertentu saja, melainkan orang-orang sana itu tadi ikut menjadi korban.. Kita semua, umat manusia..

image

Aku-kamu-mereka-kita

Memang banyak berseliweran artikel yang mengkotak-kotakkan golongan.. Bukan hanya agama, kadang ada juga suku, dan bangsa.. Kita semua pernah berada dalam posisi itu, dan pasti rasanya tidak enak.. Saya juga pasti akan keberatan jika disamaratakan dengan yang mengaku Islam tapi menyimpang.. Atau, sedih rasanya sama-sama pegang tas hitam besar yang satu perempuan bercadar yang satu perempuan tak berjilbab, yang bercadar langsung digeledah dikira teroris..

Bukan berita baru bahwa dalam satu golongan ternyata terpartisi lagi menjadi beberapa sub-golongan.. Ini bahkan sudah disampaikan oleh Rasululloh yang mengumpamakan seperti buih-buih kecil yang mengalir di sungai..

Bisa jadi, yang membuat artikel tersebut memang orang Islam yang niatnya lurus ingin berjihad hanya caranya kurang tepat.. Tapi bisa jadi justru hanya orang yang mengaku Islam, dengan niat yang tidak baik.. Atau bisa jadi hanya sekedar orang yang berorientasi bisnis agar mendapat visitor yang banyak dan ada iklan yang masuk.. Beragam kemungkinannya, tapi alangkah baiknya jika bisa mengambil apa yang baik (ilmu) dan membuang apa yang tidak baik (golongan)..

Tidak semua orang yang tak seiman dan tak sesuku itu buruk, meskipun ada yang memang tidak baik.. Sebaliknya ada juga orang yang seiman dan sesuku ternyata melakukan hal-hal buruk, meskipun ada yang memang baik.. Bukankah sudah dijelaskan, bahwa baik atau tidaknya tiap individu tergantung dari ketaqwaannya, bukan tergantung dari golongannya! Bahkan orang baik 1 dan orang baik 2 bisa berbeda kadar kebaikannya.. Dan yang benar-benar tau apakah orang ini baik atau buruk ya hanya Yang Menciptakan Kita.. Belum tentu lho perbuatan baik kita yang seabrek diterima oleh-Nya, dan belum tentu orang yang dicap buruk sewaktu di dunia ternyata di akherat nanti lebih buruk dari kita.. Oleh karena itu, berprasangka baik lebih diutamakan.. Meskipun sepele, sekali lagi sesuatu yang baik akan sangat sulit dilakukan, termasuk berbaik sangka.. Sebaliknya sesuatu yang buruk sekecil apapun akan sangat sulit ditinggalkan..

Selama tidak menyangkut aqidah, Rasululloh mengajarkan agar berbuat baik pada sesama.. Bahkan beliau memerintahkan kita untuk mencari ilmu sampai ke negeri Cina.. Belajarlah ilmu (yang bermanfaat) dari siapa saja.. Tanpa ada sara dan rasisme.. Islam itu sebenarnya indah, tapi karena tergesek masa lama-lama jadi bias.. Sesuatu yang disampaikan oleh seorang guru mungkin diterima oleh ke-30 muridnya dengan pemahaman yang berbeda-beda..

Lalu bagaimana agar aman?

Teruslah belajar.. Sebaik-baik pegangan adalah Al-Qur’an dan hadits.. Sambil diiringi doa yang tak putus, agar diperlihatkan apa yang benar itu benar dan apa yang salah itu salah.. Semoga kita semua senantiasa berada dalam penjagaan Alloh.. Aamiiin..

#masih belajar juga.. #jangan dilempar batu bata..

jual baju bayi lucu

Note : Innalillahi wa innailaihi roji’un, Olga Syahputra meninggal.. Dia sosok yang pro-kontra, lihatlah semasa berkarir tak sedikit yang menghujat dia, entah karena tingkah yang kemayu, atau candaan yang kurang tepat.. Mungkin kemarin-kemarin, yang disorot media hanya sisi yang negatif karena lebih menjual (atau sengaja dibuat negatif? Astaghfirulloh, gagal berprasangka baik).. Sekali lagi, hal baik yang sepele amat susah dilakukan.. Tapi setelah kepergiannya, baru disorot sisi positif : tentang betapa banyak yang sayang Olga, tentang anak asuhnya, tentang kesehariannya, bahkan tentang penghargaan yang diraih.. Manusia memang naik turun, tak selamanya baik dan tak selamanya buruk.. Terlepas dari kebaikan dan keburukan Olga, dia meninggal di hari Jumat.. Seperti yang diyakini orang Islam bahwa hari Jumat adalah rajanya hari.. Kesimpulannya, seberapa banyak orang menghakimi dan mengatakan hal yang buruk tentang Olga, tapi orang-orang itu tak pernah benar-benar tau isi hati Olga, apa niat dan alasan dibalik setiap perbuatannya.. Kebaikan Olga tersamarkan oleh yang buruk.. Tapi Alloh Maha Tau.. Dan pada akhirnya Gusti Alloh mboten sare..

[Nov Sabatini]

Yuk, baca juga tulisan saya yang lain :

1. POLRI vs KPK

2. Di balik pertanyaan “Kapan..?”

3. Bunga Bank…?

Advertisements

4 thoughts on “Kotak-Kotak..

  1. *sorry kepencet*

    Tapi kalo penelitian/jurnal/data tertulis memang belum nemuin.. Misal tentang kedelai & kesuburan, saya baca di forum si ‘penjabar’ adalah pasien bayi tabung yang diinstruksikan begitu oleh dokternya di Penang (malaysia)..

    Lalu tentang kopi, saya pribadi tanya sendiri (tatap muka) sama dokter saya.. Tentang susu formula, kayaknya udah lebih dari sekali saya baca..

    So, kalau pendapat ahli belum cukup dan harus disertai artikel ilmiah yang tertulis atau malah yang udah dipublikasi-diuji-dipatenkan, yaaaa susah juga mau bagi ilmu/nasihat..

  2. Pingback: POLRI vs KPK.. | Novsabatini's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s