Pengalaman Pertama : Jakarta Fair..

 

Jadwal Konser Jakarta Fair

Jadwal Konser Jakarta Fair

Jakarta Fair adalah sebuah event yang rutin digelar pemkot DKI setahun sekali.. Tahun ini, dilangsungkan pada 6 Juni dan berakhir pada 6 Juli alias sebulan lamanya.. Lokasi penyelenggaraan adalah di gedung Jakarta Expo, Kemayoran, Jakarta Utara (kalau ga salah)..

Mulai pemerintahan Pak Jokowi, diselenggarakan pula event tandingan yang konon lebih murah dari Jakarta Fair, kalau tidak salah namanya Pekan Raya Jakarta.. PRJ ini bertempat di Monas (Monumen Nasional).. Saya memang belum mengunjungi PRJ ini, namun konon tiket masuknya gratis..

Tiket masuk Jakarta Fair sendiri beragam, untuk hari biasa sebesar Rp 25.000,- sedangkan akhir pekan dikenakan harga Rp 30.000,- per orang.. Anak kecil di bawah tinggi satu meter dibebaskan biaya masuk.. Tarif parkir untuk yang memakai motor sebesar Rp 10.000,- berlaku flat.. Di pintu masuk parkir akan diberikan sebuah kartu dan struk berwarna merah, keduanya akan diminta di pintu keluar nanti (selain diminta menunjukkan STNK), jadi sebaiknya struk jangan dibuang..

Setelah membayar tiket masuk, kita akan mendapatkan kartu untuk membuka kunci pintu masuk dan selembar kertas yang terdiri dari banyak potongan yang lebih kecil, salah satunya akan disobek oleh panitia di pintu masuk.. Potongan yang lebih kecil itu adalah aneka voucher yang bisa ditukarkan di dalam area Jakarta Fair nanti..

Voucher yang bisa ditukar..

Voucher yang bisa ditukar..

Ada banyak pintu yang bisa dilalui untuk masuk ke area Jakarta Fair karena tempatnya yang sangat luas.. Saya kemarin masuk melalui pintu 9.. Pertama-tama akan dijumpai arena indoor terdiri dari beberapa lantai.. Jika kita berjalan keluar dari situ, kita akan sampai di outdoor yang sangat luas dengan berbagai stan-stan baik besar dan kecil lengkap dengan SPG dan SPB yang berebut menawarkan barang..

Banyak diskon yang akan kita jumpai di sana baik makanan, minuman, baju, sepatu, dan lainnya.. Saya menukarkan kupon voucher di stan makanan outdoor untuk mendapatkan burger dan sebotol teh seharga Rp 15.000,- namun tentu saja jangan dibayangkan burger yang sesuai dengan display dan gambar.. Hehe.. Restoran indoor juga ada dengan merk yang sama lengkap dengan bangku dan meja, namun kita dikenakan harga reguler dan tidak bisa menukarkan voucher.. Harga reguler yang dimaksud adalah Rp 20.000,- hanya untuk sebotol teh..

 

Ada peta gratis yang bisa diambil di dekat pintu..

Ada peta gratis yang bisa diambil di dekat pintu..

Di sekeliling area outdoor ada banyak hall yang terpisah satu dengan yang lain.. Tidak semuanya bisa saya kunjungi, namun sepintas saya rangkum ada hall yang berisi produk-produk daerah dari seantero negeri (hall B), ada hall khusus untuk komputer dan pernik-perniknya, ada hall otomotif, ada hall untuk furniture (hall A), bahkan ada hall untuk TV kabel dan produk internet..

Banyak sekali stan makanan di pinggir-pinggir hall sebelah luar.. Meskipun banyak stan beberapa merk yang diulang namun tetap saja membuat lapar mata setiap melewatinya.. Saya sempat membeli paket seharga Rp 10.000,- yang terdiri dari satu cup bakso dan sekotak teh.. Pengin beli hotdog dan eskrim Turki belum kesampaian..

Kami hanya berkeliling saja sampai ujung dimana arena permainan dan panggung utama berada.. Kemudian menyeberang dan menemukan pertunjukan barong di depan pintu masuk Gambir Expo.. Ya, selain Jakarta Fair ada juga Gambir Expo yang bersebelahan dan hanya dipisahkan oleh satu gerbang saja.. Isinya tidak terlalu berbeda dengan Jakarta Fair..

Kami menyusuri Gambir Expo, di ujung terdapat arena permainan dan taman dengan danau.. Di danau tersebut kita bisa bermain bola air, perahu bebek, bisa juga mengelilingi danau lewat jembatan dengan menyewa sepeda atau becak mini.. Saya hanya berjalan kaki saja lalu berfoto di depan miniatur candi Borobudur..

Puas di Gambir Expo, kembali ke Jakarta Fair dan suami saya membeli TV kabel yang sedang promo Rp 210.000,- untuk 3 bulan full channel.. Kemudian saya ngiler beli Kopiko 78° sebanyak 6 botol dengan harga Rp 20.000,- bonus tas jinjing kecil, juga satu bolpen (hasil memutar rollet yang saya ga tau gimana aturan mainnya) dan beberapa bungkus snack..

Perbatasan Jakarta Fair dan Gambir Expo..

Perbatasan Jakarta Fair dan Gambir Expo..

Kami keluar dari Jakarta Fair sekitar pukul 8 malam, parkiran motor sudah penuh, padahal tadi siang sehabis Dzuhur masih sangat luang, bahkan kalau mau gulung-gulung lari-lari masih bisa.. Dari parkiran menuju jalan utama dipenuhi antrean mobil yang mau parkir (atau mau pulang), beberapa angkot yang disewa OI (jadwal artis panggung utama malam itu adalah Bang Iwan Fals) lengkap dengan benderanya.. Belum lewat Monas juga padat karena ada PRJ.. Rasanya, capek itu bukan karena berkeliling Jakarta Fair sesiang-malam melainkan perjalanan pulangnya yang macet dimana-mana..

Oh iya, ada banyak balon di stan-stan.. Saya memang selalu pengin ambil satu kalau liat ada banyak balon, namun waktu itu sudah keburu habis (ga dari tadi sih).. Sewaktu istirahat duduk di emper toko, ada balon terbang entah dari mana dan tidak ada yang merasa kehilangan waktu saya tanya.. Jadilah, saya kegirangan dapat balon dari langit (?).. Niatnya saya bawa pulang, dan memang sudah separuh jalan saya bawa, meskipun dimarahi suami karena ribet bawa balon pakai motor jadi ga bisa lihat GPS.. Akhirnya balon itu jatuh juga di tengah perjalanan pulang.. Hiks..

Foto di depan replika candi Borobudur..

Foto di depan replika candi Borobudur..

UPDATE JAKARTA FAIR 2015

Sabtu awal Juni kemarin tiba-tiba diajak suami main ke Kemayoran.. Katanya, mumpung belum puasa.. Maklum, di sana enaknya emang kuliner junk food hehe..

Ternyata Jakarta Fair tahun ini secara garis besar tidak banyak berubah dari tahun lalu.. Bahkan hall mana untuk pameran apa, masih sama.. Misal hall B untuk pameran produk budaya dan pemerintah, hall A untuk produk furniture, dan seterusnya..

Namun, saya kok baru tau ada hall E yang isinya khusus makanan ya, entah tahun lalu sudah ada atau memang baru tahun ini.. Konsepnya seperti foodcourt di mall, jadi bisa duduk santai sambil pilih mau pesan makanan di mana.. Saya makan sate Rp 28.000,- (cuma dapet 8 tusuk hiks) suami makan kupat sayur..

Selain makan yang mengenyangkan, sepanjang hari berhubung kami sampai sana kepagian (jam 12 sudah sampai TKP) kami sempat makan burger, mie, juga ngemil chitato sepaket Rp 10.000,- (yang ternyata Chitato cuma sebungkus, sisanya ada Taro, Cheetoz, Jet Z, Q Tela, sama Chiki)..

Tahun ini kami masuk melalui pintu 7, ternyata sebelahan sama pintu 9 tempat kami masuk kemarin.. Bedanya, tiket parkirnya hanya selembar kertas saja, tanpa kartu seperti taun kemarin.. Untuk harga tiket parkir dan tiket masuk masih sama : Rp 10.000,- flat dan Rp 30.000,- per orang untuk akhir pekan..

Gambir Expo juga masih ada, Replika Candi Borobudur di taman Gambir Expo juga masih berdiri awet.. Bedanya, sekarang ditambah wahana khusus untuk foto, di dalamnya ada berbagai macam spot mulai bertema princess sampai pohon-pohon yang semuanya disusun dari lampu-lampu.. Masuk ke sana kena biaya Rp 20.000,- (akhir pekan) yang karena masih terang oleh siang, waktu lewat sana wahananya belum buka..

Oiya, entah kenapa taun ini sama seperti taun kemarin : saya juga mendapat balon dari langit! Waktu sedang duduk di emper tiba-tiba ada balon terbang, saya tangkap deh.. Tapi mengingat kejadian dimarahi suami sepulang dari Jakarta Fair taun lalu, juga karena sudah banyak tas yang ditenteng (memborong : baju lebaran diskon di Matahari, kerudung diskon Zoya, jaket diskon Rei, masih bawa berbotol-botol minuman dan beberapa makanan.. maklum aji mumpung, mumpung diskon) akhirnya saya menyerahkan balon itu pada suami setelah puas saya peluk-peluk(?).. Seusai sholat, sebenarnya suami hendak memberikan pada anak kecil tapi karena ada angin kencang di kanopi lantai 2 itu membuat balon terbang….dan hinggap di pangkuan Bapak-bapak yang sedang duduk tahiyat akhir (musholanya memang di kanopi, terbuka gitu).. Yasudah, kita tinggalkan balon itu di sana dan kita turun.. Semenit kemudian terdengar bunyi letusan diikuti dengan “astaghfirullohal adziiim” dari beberapa orang.. “Hoo, kayaknya itu tadi balonmu meletus O.o“dan kita pun turun secepat kilat, sambil siul-siul pasang muka Mr.Bean.. :-D

Oleh-oleh Jakarta Fair 2015:

Mumpung masih sepi, foto di dalem hall A..

Replika Candi Borobudur masih awet berdiri..

Spot yang paling bagus buat foto ya cuma di sini sih..

Foto di Papan Upcoming Manga Fest..

Beberapa tips jika ingin ke Jakarta Fair:
1. Tidak usah membawa minum dari rumah.. Saya agak menyesal membawa sebotol air putih dari rumah, karena pada kenyataannya malah saya pulang membawa berbotol-botol minuman murah dari Jakarta Fair..
2. Jangan lupa membawa mukena untuk sholat..
3. Lebih baik berangkat agak siang agar tidak antre saat masuk, juga agar bisa puas mengelilingi setiap sudut Jakarta Fair..
4. Kecuali jika niatnya untuk menonton konser, lebih baik berangkat agak sore karena konser baru dimulai sekitar jam 9 atau 10 malam..
5. Sebaiknya tidak membeli makanan di luar area Jakarta Fair, karena harganya bisa sangat mahal sekali.. Sudah banyak ceritanya..

6. Kalau memang lapar, yang penting beli tiket dan masuk dulu ke area Jakarta Fair karena di sana sangat banyak stan makanan baik makanan tradisional maupun modern dengan harga yang jelas..
7. Jangan kalap karena harga murah, hehe pengalaman pribadi..
8. Jika memang berencana borong, bawa troli atau kereta dorong bayi..
9. Kereta dorong bayi wajib dibawa jika punya anak kecil, kecuali kalau tidak berniat lama-lama di sana atau kuat menggendong dalam waktu lama..

Masalahnya, ga ada tempat duduk yang memadai kecuali di restoran atau kafe, kami pun duduk ndlosor di lantai bersama orang-orang lain yang kelelahan..

jual home decor wallpaper lucu

 

Yuk baca juga artikel saya yang lain mengenai review tempat-tempat di Jakarta :

1. Review tempat-tempat belanja di Jakarta

2. Belanja buku bekas murah di Pasar Senen

3. Pengalaman jalan-jalan ke Pasar Baru

4. Belanja di Glodok-Tanah Abang-Mangga Dua

5. Belanja Kain di Sentra Tekstil Jalan Raya Cipadu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s