Belajar Bahasa Inggris Asyik, Mudah, Menyenangkan..

Judulnya udah marketing banget belum? Hehe.. Tapi tenang, saya bukan ingin mengajak pengunjung blog ini untuk les di tempat saya atau menghadiri seminar.. Saya hanya ingin berbagi saja, tips yang 100% gratis bisa dicoba dan sudah saya praktekkan di masa lalu..

suasana tes kerja..

suasana tes kerja..

1. Pilih satu lagu berbahasa Inggris yang disukai..

Target : menghafal pronounciation (bisa menyanyikan lagu tanpa membaca teks), memahami tema lagu..

Cara :
a. Cari lagu beserta liriknya dalam Bahasa Inggris..
b. Cari terjemahan liriknya..
c. Dengarkan lagu tersebut berulang-ulang, bisa sehari lima sampai sepuluh kali.. Ulangi dalam dua hari atau sampai bisa menyanyikannya tanpa membaca teks..

2. Melanjutkan lagu yang sama pada nomor 1..

Target : menambah vocab, memahami tenses..

Cara :
a. Dari lirik Bahasa Inggris tersebut, cari tau arti per kata..
b. Kelompokkan arti per kata berdasar jenisnya : kata benda, kata kerja (kelompokkan lagi ke dalam bentuk I dan bentuk II), kata sifat, dll (lebih mengena jika disalin/ditulis)..
c. Untuk kata kerja, cari juga bentuk I, II, dan III
d. Pelajari baris demi baris lirik lagu, seperti apa kalimatnya dan bagaimana artinya.. Tentukan tenses-nya : sudah terjadi di masa lalu, terjadi saat ini, atau belum terjadi (terjadi di masa depan)..

3. Melanjutkan lebih jauh lagu yang sama pada nomor 1

Target : memahami structure..

Cara :
a. Pada langkah (2c) mungkin ada beberapa yang tenses-nya membingunkan, seperti dobel, belum terjadi tapi kata kerjanya bentuk II (lampau)..
b. Bisa jadi itu bentuk pengandaian, subjunctive (Bahasa Indonesianya apa? Hehe), bentuk perintah memakai has/have, bentuk permintaan, perbandingan, atau kalimat majemuk.. (maaf, lupa ada apa saja macamnya.. buku catatan SMA ketinggalan di Solo)
c. Tentukan dan pisahkan, bentuk kalimat di lirik termasuk kalimat apa saja..
d. Pelajari bentuk kalimat seperti itu, karena biasanya polanya ada banyak.. Misal permintaan : bisa pakai would you, would you mind, can you, will you, dan lainnya..

Jual tas kerja lucu

Langkah terakhir : setiap kali menyanyikan lagu tersebut, pahami dengan benar isi cerita dari keseluruhan lagu.. Misal, 25 minutes (Michael Learns To Rick) tema lagu tentang patah hati.. Pahami bagaimana ceritanya.. Tokoh utama yang kelamaan memantapkan perasaan.. Ketika akan menyatakannya ternyata gebetan sudah terlanjur berada di gereja dan baru saja menjalankan upacara pernikahan 25 menit yang lalu.. Jadi patah hati apalagi ketika tau bahwa selama ini sebenarnya gebetan memiliki perasaan yang sama.. Dengan memahami per kalimatnya, kelak menjumpai jenis kalimat yang polanya sama, karena lagu tersebut sudah biasa kita dengarkan (dan pelajari) maka akan lebih mudah untuk recall ingatan kita..

Nah, ketiga cara tersebut bisa dilakukan sekaligus atau boleh cara pertama dilakukan untuk 3 sampai 5 lagu kemudian baru dilanjutkan cara kedua agar tidak jenuh dengan satu lagu.. Setiap langkah bisa sekalian membandingkan, bisa jadi satu lagu dengan lainnya ada persamaan atau ada pola kalimat lain yang saling melengkapi.. Kalau lebih suka melihat film, boleh belajar dari film (kalau tidak bosan mengulang-ulang).. Karena durasi yang sangat panjang, boleh dipotong menjadi beberapa bagian.. Bisa juga dari game, talkshow, dan bacaan ringan..

Melalui cara ini, selain lebih menyenangkan untuk dilakukan (karena bisa memilih sesuai kegemaran, bisa rock, pop, atau lainnya) juga bisa all-in : memperbanyak perbendaharaan kata, mendengarkan bagaimana cara mengucapkan kata, belajar contoh membuat kalimat sesuai dengan waktu dan kondisi.. Bila sudah cukup mahir dan terbiasa dengan kata-kata Berbahasa Inggris, cara pertama bisa ditingkatkan dari mencari lirik lagu dan artinya menjadi mendengarkan lagu kemudian menuliskan lirik dari yang didengar, serta mengartikan sendiri.. Ini pun bisa dilakukan per tahap, boleh dengan menurunkan kecepatan lagu menjadi setengah lebih lambat (memakai fasilitas player)..

jual tas unik lucu

Note:
Hanya untuk belajar praktis, kalimat sehari-hari dan bahasa percakapan.. Tidak disarankan untuk belajar TOEFL, karena berbeda tujuan.. TOEFL diperuntukkan bagi kalangan akademis dan perkantoran.. Nantinya ditujukan untuk membuat surat, membaca buku teks, membaca atau membuat paper, yang semuanya menggunakan bahasa formal dan baku..

[Nov Sabatini]

Yuk, baca artikel saya yang lain juga :

1 Referensi Tempat Belanja Oke di Jakarta

2 Karokean pake aplikasi yuk, rekaman kita bisa didownload jadi mp3

3 Film : Curious Case Of Benjamin Button

 

Advertisements

2 thoughts on “Belajar Bahasa Inggris Asyik, Mudah, Menyenangkan..

  1. Pingback: Belajar & Mengajar.. | Novsabatini's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s