Tempat Belanja di Jakarta (Selatan)..

Aih, kok tiba-tiba pengin bikin ulasan tempat belanja di Jakarta.. Terilhami dari pengalaman pribadi beberapa kali pengin beli ini itu..

1. Pasar Tanah Abang

Tempat ini pasti ga asing lagi buat banyak orang, karena banyak pedagang dari seantero Indonesia yang kulak di sini.. Tentunya, Tanah Abang dalam urusan pakaian, kain, kerudung, mukena, selimut, jaket, pakaian anak, dan produk tekstil lainnya, memang komplit dan murah.. Tapi, harus teliti dalam membeli, karena harga barang yang sama di penjual satu Rp 25.000,- di penjual lain bisa Rp 35.000,- (pengalaman pribadi) dan itu sama sekali susah banget buat ditawar, cuma bisa turun seceng atau goceng bila sedang hoki..

Kalau ke sini, lebih baik punya tujuan, lalu muter dulu buat survey baru kemudian ditentukan mau beli dimana.. Menuju Tanah Abang bisa naik KRL ke arah Tanah Abang atau Jatinegara.. Stasiunnya pas di depan pasar luber, tinggal nyebrang dan jalan aja masuk ke bangunan pasar.. Konon katanya ada yang murah juga di Thamrin City.. Tapi saya belum pernah ke sana..

2. Mall Ambassador & ITC Kuningan

Terletak di Kuningan, ga jauh dari Jakarta Pusat tapi masih masuk Jakarta Selatan.. Mall Ambassador ini sebelahan dengan ITC Kuningan (FYI, ITC punya banyak mall di antaranya ada ITC Depok, ITC Fatmawati, ITC Mangga Dua).. Dari Ambassador ke ITC kuningan bisa lewat jembatan penghubung dua mall.. Nah dua mall ini menurut saya adalah mall segala kalangan.. Produknya mayoritas baju (ITC) dan elektronik (Ambassador).. Untuk baju, ada banyak model dari yang sedang tren sampai yang ajaib, dari baju pesta, baju muslim, seragam, baju renang, sampai kebaya.. Ada juga beberapa toko aksesori imitasi, dan bunga-bungaan palsu (tapi yang harganya mahal).. Harganya pun bervariasi dari Rp 20.000,- sampai ada yang di atas sejuta.. Itu pun baru di toko yang sempat saya beli (yang Rp 20.000,-) dan yang sudah saya tanyakan (yang jutaan).. Sedangkan elektronik ada banyak juga : ponsel, aksesori komputer, laptop, dan kamera.. Parkirnya pun lumayan murah dibanding mall lain..

 

Ke sana? Ke sini?

Ke sana? Ke sini?

3. Senen Jaya

Bergeser ke Jakarta Pusat dikit, Senen Jaya letaknya di seberang Stasiun Pasar Senen.. Bisa jalan kaki saja.. Di sini adalah tempat penjual jam tangan kulakan.. Di lantai dasar hampir semuanya kios jam tangan, mulai dari yang murah, yang lagi trend, sampai yang asli harga jutaan.. Selain rekomended untuk produk jam, di tempat ini juga rekomended untuk yang suka berburu tas murah.. Di lantai paling atas hampir semuanya kios tas, bahkan di depan eskalator ada yang dagangan tas dihambur-hamburkan seperti saat beli baju diskonan di mall, tapi ini dihamburkan di lantai beralas plastik.. Harga tas bervariasi, tapi saya suka beli yang Rp 50.000,-an..

4. ITC Mangga Dua

Nah kali ini bergeser jauh ke Jakarta Pusat.. Hihihi.. Di sini saya rasa 11-12 dengan Ambassador, dari segi jenis produk dan harga.. Ada dua mall, yang satu berisi aneka macam pakaian, kemudian di mall seberang jalan berisi berbagai macam produk elektronik dan komputet.. Tapi, di sini jauh lebih komplit dan lebih murah dari Ambassador.. Ya, memang sih baru sekali ke sana, jauh soalnya.. Bagaimana mencapai ITC Mangga Dua sudah pernah saya jelaskan di postingan lalu ya..

5. Glodok

Sebelum balik ke Selatan, mampir dulu ke Glodok.. Isinya kebanyakan produk elektronik dan permesinan.. Tapi minim produk komputer.. Kalau mau cari suku cadang mesin, atau semacamnya, sepertinya boleh coba datang ke sini..

6. Poins Square

Akhirnya balik juga ke Jakarta Selatan.. Ini adalah mall yang disambung apartemen di lantai 5 ke atas.. Letaknya di Lebak Bulus, samping stadion.. Mall ini memang relatif sepi, kehidupan hanya terasa di lantai paling bawah saja.. Nah, di sini tempat saya biasa kulakan film.. Karena dibanding mall yang lain, penjual film (dvd) lebih banyak, lebih cepat keluar film baru, dan harganya lebih miring.. Satu keping dvd di mall lain dipatok Rp 10.000,- sedangkan di sini kalau tidak salah Rp 7.000,- saja..

Selain film, saya juga suka beli basreng di sini.. Jajanan masa kecil ala bandung ada beberapa kios, dengan varian produk yang lumayan banyak : lidi, basreng, makroni, sampai sarang burung.. Selain itu, saya juga suka nongkrong di lantai 4 tepatnya liat-liat (sambil mupeng) di Artland, ini adalah surganya para crafter.. Di sini terdapat berbagai macam benda kerajinan, mulai dari peralatan lukis (cat air, cat minyak, akrilik, cat poster, medium, berbagai kuas, palet, kanvas, stand, pisau palet berbagai ukuran dan varian mata pisau) hingga peralatan crafting lainnya yang saking ajaibnya saya tidak tau namanya apa saja.. Haha.. Tokonya lumayan besar.. Selain itu tepat di sebelah Artland, ada TM Bookstore sehingga saat sibuk muterin Artland, si Om bisa punya kerjaan muterin TM.. Fair enough, kan?

7. Taman Puring

Nah, ini tambahan saja.. Soalnya saya pribadi belum pernah ke sini, yang sudah pernah ke sini si Om waktu masih bujang dulu.. Di sini pusatnya sepatu, berbagai jenis, varian, dan harga.. *katanya*

Update : review mengenai Pasar Taman Puring ini sudah saya tulis di postingan tersendiri *akhirnya saya ke sana juga, meskipun ngga beli*

jual home decor wallpaper lucu

8. Tamini Square

Dari namanya keliatan lokasinya di sebelah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur.. Di Jakarta tempat nonton film meskipun jadwal film yang diputar sama, tapi tarifnya beda-beda, dan rata-rata mahal boo’.. Hampir semua mall tarif bioskop di atas Rp 50.000,- bahkan banyak yang sampai Rp 100.000,- tapi di Tamini ini lebih miring, yaitu Rp 25.000,- (lupa sih tapi, udah lama ga nonton).. Namun ada yang harus diperhatikan : saingannya pelajar! Waduh, antre tiketnya harus berjam-jam sebelumnya, kalau tidak keburu dihabiskan oleh invasi para pelajar yang kalau urusan beginian heran cepet banget dan semangat amat yak.. ^^

Juga, karena murah, maka akan banyak keluarga nonton di sini, dengan kata lain akan banyak anak-anak, bahkan balita yang bisa tiba-tiba nengok atau gedor-gedor kursi kita, atau ngobrol sendiri, ketawa-ketawa, atau malah nangis.. Baru dua kali saya coba nonton di sini.. Sebenarnya dulu saya lebih sering nonton di XXI Kartika Chandra, ini murni bioskop dengan banyak ruangan.. Jadi bisa dateng agak mepet tanpa deg-deg-an kehabisan tiket.. Namun semenjak tiketnya naik dari Rp 30.000,- menjadi Rp 35.000,- (lupa, udah jarang nonton) jadi pindah ke Tamini Square, dan sekarang malah pindah ke nomor 6.. Hehe..

9. Pasar Baru

Ini juga pernah saya tulis di postingan. sebelumnya.. Tempat enak untuk jajan-jajan kaki lima.. Semua gerobak jajanan yang biasa lewat depan rumah bisa dijumpai di sini semua.. Ada es podeng, tahu gejrot, es potong, bakwan kawi, roti unyil, siomay, batagor, cimol, pempek.. Waduh, gawat.. Jadi laper.. Selain makanan, banyak juga toko sepatu dan toko tekstil (baju, kain).. Kalau mau cari benda kuno bisa, banyak yang jual uang kuno, poster, dan lain-lain..

Update lagi :

10. Mall Cijantung vs Mall Cinere

Kedua mall ini sebelas-dua belas kalau saya bilang, dari segi size-nya dan suasananya.. Mirip.. Selain Tamini Square, tiket bioskop kedua mall ini pun ternyata juga murah.. Selain buat nonton, di kedua mall ini banyak tempat pijat refleksinya.. Rekomended banget kalau mau nungguin istri orang belanja, sambil santai-santai dipijat..

11. Cipadu Trade Center vs Mayestik

Keduanya sama-sama pusat kain dan fashion.. Tapi kalau mau membandingkan, suasana sekeliling Mayestik lebih mirip dengan suasana sepanjang jalan Pasar Baru.. Bedanya, di Mayestik hanya menjual kain dan asesoris menjahit, serta satu-dua pedagang makanan.. Sedangkan di Cipadu, lokasinya tidak terpusat di satu gedung, melainkan sepanjang jalan Cipadu tersebut tersebar berbagai spot-spot kulakan kain.. Kedua lokasi ini sudah saya tulis di postingan tersendiri ya..

Ah kiranya hanya itu tempat-tempat yang bisa saya tulis saat ini.. Karena saya masih belum banyak menjelajah Jakarta, jadi harap dimaafkan kalau ada yang kurang bener.. Boleh juga ditambahkan kalau ada tempat menarik lainnya..

[Nov Sabatini]

jual baju bayi lucu

 

Yuk baca juga artikel saya yang lain mengenai tempat-tempat di Jakarta :

1. Review Glodok-Tanah Abang-Mangga Dua

2. Pengalaman jalan-jalan ke Pasar Baru

3. Tempat belanja buku bekas murah di Pasar Senen

4. Tips jika ingin jalan-jalan ke Jakarta Fair

5. Belanja Kain di Cipadu Trade Center

6. Jalan-jalan ke Pasar Mayestik

Advertisements

24 thoughts on “Tempat Belanja di Jakarta (Selatan)..

  1. Dari pengalaman pribadi, kalau belanjanya untuk sendiri sih lebih nyaman di Thamrin City. Parkirnya lebih mudah, lalu tempat belanjanya lebih nyaman juga. Kalau harga hampir sama dengan tanah abang kecuali belinya banyak banget mungkin baru kerasa bedanya :)

    • Eh saya belum pernah ke ThamCit.. dulu pas ke Tanah Abang ada sebelah saya di KRL turun situ katanya mau belanja juga.. Kapan-kapan boleh dicoba.. Makasih rekomendasinya..

  2. Pingback: Jalan-Jalan ke Sea World.. | Novsabatini's Blog

  3. Pingback: Pengobatan Pak Haji Sugeng Cilodong.. | Novsabatini's Blog

  4. Pingback: Pengobatan Alternatif Haji Sugeng Cilodong.. | Novsabatini's Blog

  5. Pingback: Jalan-jalan ke Pasar Mayestik.. | Novsabatini's Blog

  6. Pingback: Lifetime Experience : LKTI & IESS.. | Novsabatini's Blog

  7. Pingback: Resep Mushroom Sautee | Novsabatini's Blog

  8. Pingback: Pengalaman Pertama : Mencoba Kelas Gratis SB1M.. | Novsabatini's Blog

  9. Pingback: The Pickers.. | Novsabatini's Blog

  10. Pingback: Cucil & Bundel.. | Novsabatini's Blog

  11. Pingback: Discovering Old Passion.. | Novsabatini's Blog

  12. Pingback: Pengalaman Ajaib.. | Novsabatini's Blog

  13. Pingback: Lipstik Gratis DandanBareng.. | Novsabatini's Blog

  14. Pingback: Ada Diskon di dandanbareng.com Lho! | Novsabatini's Blog

  15. Pingback: Kalender 2016.. | Novsabatini's Blog

  16. Pingback: Menanam Tanpa Modal (Reuse Recycle).. | Novsabatini's Blog

  17. Pingback: Style Me Up.. (ahs mbuh, bingung dijuduli apa?!) | Novsabatini's Blog

  18. Pingback: Mudik #Lupa : Never Enough Time With Family.. | Novsabatini's Blog

  19. Pingback: Kangen Westlife.. | Novsabatini's Blog

  20. Pingback: Jadi, Kapan Donk..? | Novsabatini's Blog

  21. Pingback: Kalender 2015.. | Novsabatini's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s