Belanja Buku di Pasar Senen..

Pada postingan sebelumnya sudah saya muat Pasar Senen sebagai salah satu tempat belanja murah untuk tas dan jam tangan.. Lokasi tepatnya adalah Senen Jaya, semacam mall lengkap dengan eskalator dan lift..

Begini Kenampakannya..

Begini Kenampakannya..

Nah, libur tahun baru kemarin saya jalan-jalan di Pasar Senen versi tradisionalnya.. Tujuan kami berbelanja buku.. Sebenarnya saya tidak terlalu suka membaca, apalagi buku yang tebal dan cerita yang panjang, mudah bosan.. Si Om yang suka membaca, bukunya banyak, namun waktu luangnya terbatas jadi kebanyakan bukunya belum sempat dibaca.. Tapi tiap jalan-jalan yang kebetulan mampir ke toko buku, beliau selalu ingin membeli buku baru yang menarik.. Jadi kemarin kami hanya berniat jalan-jalan saja, tanpa mempersiapkan list buku yang hendak diburu..

Karena agak mendadak, kami baru berangkat dari Jakarta Selatan pukul 11.30 alhamdulillah cuaca sedang tidak terlalu panas, malah di daerah Kuningan kami kehujanan.. Memang sebenarnya kami sudah berkali-kali ke sana, namun tetap saja pakai acara salah jalan dan sampai Senen di sisi yang tidak ditemukan parkiran resminya sehingga akhirnya numpang parkir di Senen Jaya.. Sekalian numpang sholat di lantai paling atas, ada mushola yang lumayan oke.. Di lantai paling bawah juga ada mushola, di dekat food court tetapi kondisinya agak tidak nyaman untuk sholat (dulu pernah sholat di sana)..

Lengkap pokoknya.. Nomor berapa yang belum punya?

Lengkap pokoknya.. Nomor berapa yang belum punya?

Kami menuju ke sisi pasar tradisionalnya lewat trotoar.. Di sepanjang trotoar terdapat banyak penjual tas, sepatu, dan koper.. Dulu juga pernah beli koper di situ.. Sampai di ujung, kami berbelok ke penjual buku-buku.. Namun, tidak seperti kedatangan kami sebelumnya, kali ini pedagang buku tidak terlalu banyak.. Kios-kios banyak yang tutup, entah sudah tidak beroperasi atau memang tutup karena libur panjang..

Bagian buku bersebelahan dengan pasar sayuran, jadi memang ada di dalam pasar, bukan di tepi trotoar.. Buku-buku yang dijual beraneka ragam, mulai dari buku pelajaran, buku mata kuliah, buku populer, buku keagamaan, kitab suci, sampai komik lawas, majalah lawas, juga buku TTS.. Jangan dibayangkan seperti toko buku modern, buku di sini kebanyakan buku bekas, untuk mencari satu buku tertentu (buku lama) mungkin harus beberapa kali bertanya pada kios-kios, namun tentu saja harganya miring bahkan bisa ditawar.. Untuk buku baru kebanyakan berkertas buram, jadi harganya lebih murah..

Majalah Donal Bebek @Rp 4.000,- Komik Doraemon @Rp 5.000,- Majalah Alkisah @Rp 3.500,- (kasian yang jual udah tua); Buku Ayah Rp 30.000,-

Majalah Donal Bebek @Rp 4.000,- Komik Doraemon @Rp 5.000,- Majalah Alkisah @Rp 3.500,- (kasian yang jual udah tua); Buku Ayah Rp 30.000,-

Saya memang terkadang memiliki selera yang tidak biasa.. Awalnya si Om selalu bertanya tiap melihat-lihat buku di satu kios, apakah ada buku yang menarik perhatian saya.. Tapi saya memang tidak terlalu tau buku apa yang sedang hits, pengarang siapa yang terkenal bagus, dan sebagainya.. Namun ketika sampai pada kios majalah lawas, saya langsung excited menemukan majalah Donal Bebek.. Dulu sewaktu SD, saya sering disewakan majalah tersebut oleh ibuk di kios majalah di ujung gang.. Selain itu, saya juga membeli komik Petualangan Doraemon.. Dulu saya membaca tidak urut dan lengkap, karena di persewaan tergantung yang mana yang saat itu tersedia.. Sebenarnya saya juga pengin beli majalah misteri lawas Liberty tapi langsung ditolak mentah-mentah oleh si Om.. -_- yeah, saya memang suka baca yang mistis-mistis gitu..

Makan Sambil Baca..

Makan Sambil Baca..

Liburan hari ini, kami membaca majalah Donal Bebek bersama.. Si Om membaca sambil makan.. Nostalgia, dulu waktu SD konon beliau makan harus sambil baca, jadi makannya lama banget.. Hehe.. Semoga yang tutup kemarin hanya karena libur panjang, karena ternyata berburu buku di Pasar Senen itu asyik juga.. Jangan sampai tutup dan tergusur..

[Nov Sabatini]

jual home decor wallpaper lucu

 

Yuk baca juga artikel saya yang lain mengenai tempat-tempat di Jakarta :

1. Review belanja di Glodok-Tanah Abang-Mangga Dua

2. Review tempat-tempat belanja di Jakarta

3. Pengalaman jalan-jalan ke Pasar Baru

4. Tips jalan-jalan ke Jakarta Fair 

5. Kulakan Kain ke Cipadu Trade Center

Advertisements

4 thoughts on “Belanja Buku di Pasar Senen..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s