Bertanya pada SPOG..

Bagian yang paling saya suka dari wisata ke SpOG adalah, membagikan ilmunya pada orang lain! Alhamdulillah, diberi kemampuan dan kesempatan berkunjung ke beberapa SpOG..

Berikut saya rangkumkan pertanyaan seputar infertilitas pada Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan (SpOG) berdasar pengalaman saya..

Dok, sebelumnya saya sudah pernah coba konsumsi vitamin E, asam folat, telur rebus sekali sehari, daging sekali sehari, eskrim sekali sehari, suami juga sudah minum Zink dan vitamin.. Kenapa ga hamil ya?

Buat anak kok coba-coba.. Belum jelas masalahnya apa, jadi tidak tahu apa solusinya.. Dicari dulu sebabnya apa tidak hamil-hamil, baru ketahuan obatnya apa.. (Dr. Tagor, RSIA Andhika, 2014)

Dok, saya suka kucing.. Di rumah punya 2, bahayakah?

Kucing itu tidak bahaya.. Yang berbahaya itu adalah makanan yang dihinggapi lalat, dimana sebelumnya lalat itu mampir dulu ke pup-nya kucing atau darimana kuman tokso itu berasal.. Jadi ga masalah punya kucing karena kalau kucing dipelihara apalagi kucing bagus pasti makanannya dijaga, kebersihannya diperhatikan, juga divaksin.. Yang masalah itu duduk di atas motor atau mobil kemudian “Bang, dua piring ya!”.. Ga jaminan makanannya sebelum sampai ke kamu tidak ada yang mampir mencicipi dulu (yang beterbangan itu loh).. Kuman tokso mati bila dipanaskan di suhu 80°C maka kalau masaknya bener (sampai mendidih) kumannya sudah mati berkali-kali.. Toksoplasma itu tidak bahaya, tidak menyebabkan sulit hamil.. Namun, akan jadi bahaya apabila sudah hamil karena bisa menyebabkan keguguran.. (Dr. Tagor, RSIA Andhika, 2014)

Kuman toksoplasma hanya bisa berkembang biak (meng-komplit-kan siklus hidupnya) di tubuh kucing.. Perjalanannya, masuk tubuh kucing berupa telur, lalu berkembang biak, dikeluarkan melalui pup kucing yang mengkontaminasi tanah & rumput.. Semua mamalia yang mengkonsumsi rumput atau apa pun yang telah terkontaminasi toksoplasma tersebut, akan tertular oleh toksoplasma.. Misal, tikus, sapi, kambing, bahkan manusia yang memakan hasil bumi dan daging yang tidak/kurang matang atau yang ceroboh tidak mencuci tangan sebelum makan, bisa tertular toksoplasma juga.. Di tubuh mamalia ini, toksoplasma hanya tidur dan tidak berbahaya (tidak ada gejala).. Namun dalam kondisi tertentu misal ada kehamilan akan jadi berbahaya karena akan berpotensi terjadi keguguran (kuman toksoplasma memakan inti sel termasuk sel telur yang sudah dibuahi) atau kecacatan pada janin ketika lahir.. (dikutip dari sebuah acara di Nat Geo Wild tentang parasit dan host, Maret 2016)

Jual tas kerja lucu

Dok, saya suka kopi.. Hampir setiap hari minimal satu gelas.. Apa bahaya?

Kopi itu minuman sehat, asalkan diminum dengan benar.. Nah bagaimana cara yang benar dalam minum kopi? Tanpa gula! (Glek! pait amat Dok..) Karena memang yang membuat tidak bagus bagi kesehatan itu adalah kebanyakan mengkonsumsi gula.. (Dr. Tagor, RSIA Andhika, 2014)

Seperti kita tau, salah satu penyebab PCOS (sel telur susah matang) itu karena kelebihan insulin sehingga menurunkan FSH.. Dari situlah asal desas-desus kalau orang gemuk susah hamil, karena biasanya obesitas sejalan dengan tingginya insulin dalam tubuh.. Maka dari itu salah satu terapi PCO adalah dengan glucophag yang mana obat yang sama bagi pemderita diabetes tipe 2.. Begitulah kiranya kesimpulan saya mengenai PCO dan gula, silakan googling untuk informasi lebih lengkap..

Kata Dr. Prima sih, boleh tapi jangan banyak-banyak.. Segala yang terlalu banyak itu tidak baik.. (Dr. Prima, RSIA Muh. Taman Puring, 2015)

Setelah minum obat penyubur, kenapa belum juga hamil?

Sebelumnya, obat penyubur itu banyak macamnya.. Salah satu yang paling sering dipakai adalah clomiphene citrate (merk : profertil, pinfertil, fensipros) ini pun dosisnya berbeda, diberikan sesuai keadaan tubuh dan hormon masing-masing individu.. Ada yang sehari 1x sampai 3x (masing-masing pil 50 mg).. Setelah minum, harus di USG lagi untuk mengecek seberapa efek obat terhadap sel telur.. Jika kurang akan ditingkatkan dosisnya, jika terlalu ngefek perlu dikurangi atau diganti obat lain (misal letrozol @2,5 mg)..

Bila dosis sudah sesuai, juga perlu dicek lagi berapa ukuran sel telurnya (kadang bisa lebih dari satu) jika melebihi ukuran tertentu (kurang tau berapa batasnya, katanya normalnya sih 1.8 sampai 2.2) perlu disuntik hormon pemecah (ovidrel) karena akan sulit pecah dengan alami.. Saya pernah ada yang ukuran 3.5 (satu di antara 5 yang matang, wow) kata dokter ga bisa pecah sendiri, harus disuntik.. Karena bila terlalu besar dan tidak lepas bisa berpotensi jadi kista.. Bulan depan, setelah dicek ternyata ada 2 yang tidak lepas, tapi yang berukuran lebih kecil ukuran 1.7 dan 1.9..

Sehingga, tidak aman minum penyubur tanpa konsultasi dengan Dokter Kandungan.. Perlu pemantauan rutin (hari kedua dan ke dua belas) agar tau betul perkembangannya..

Sel telur ada yang tidak lepas, itu nanti gimana Dok? Bisakah jadi sel telur ovulasi bulan berikutnya?

Bisa sih, tapi biasanya tidak terlalu bagus kualitasnya.. (Dr. Prima, RSIA Muh. Taman Puring, 2015)

Hormon FSH tinggi, artinya apa Dok?

Menandakan fungsi ovarium kurang bagus.. Biasanya FSH tinggi menjelang menopause, jadi seperti dikuras untuk menghasilkan sel telur.. Namun, hal itu perlu dites lagi, AmH-nya bila rendah berarti cadangan sel telurnya sedikit (salah satu indikator : jarang haid), bila AmH normal (salah satu indikator : haid teratur) mungkin FSH tinggi hanya temporary saja atau bisa kesalahan sewaktu tes hormon..

Kapan sebaiknya tes hormon?

Sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, karena indikatornya terbagi beberapa fase seperti : fase menstruasi, fase ovulasi, dan beberapa lainnya (silakan googling lagi).. Namun, hormon ini mempunyai kecenderungan berfluktuasi, sehingga tes harus dilakukan pada saat yang tepat.. Umumnya tes hormon dilakukan pada hari kedua atau kelima haid..

HSG perlukah? Bagaimana tata cara?

Sudah pernah saya tulis di postingan sebelumnya.. Silakan capcusss ke sini..

Suntik Ovidrel apakah tepat 36 jam lepas?

Diharapkan lepas dalam 24 jam.. Sel telur setelah ovulasi bisa bertahan 24 jam untuk dibuahi.. (dr. Natsir Nugroho, RSIA Muh. Taman Puring, 2015)..

Hajar aja terus, setelah suntik berhubungan seminggu nonstop! (Dr. Prima, RSIA Muh. Taman Puring, 2015) “Horeee, asiiik!” LOL..

Bisa juga diselang seling, 12-24 jam setelah suntik berhubungan sekali, selang 24 jam diulang sekali, terakhir diulang lagi setelah jeda 24 jam kemudian.. Setelah itu minum penguat kandungan Utrogestan.. (Dr. Dewi, RSIA Muh. Taman Puring, 2016)

jual perabot rumah home decor lucu

Waktu yang dibutuhkan sperma menuju tuba falopi berapa lama?

Sekitar 30 menit hingga satu jam.. Oleh karena itu, setelah selesai tiduran dulu, jangan langsung bangun.. (dr. Natsir Nugroho, RSIA Muh. Taman Puring, 2015)

Berapa lama sperma bisa bertahan di dalam rahim?

Sekitar 24 jam.. Jadi, sel telur ovulasi 24 jam, sperma bertahan juga 24 jam.. Kalau program hamil, sebaiknya hari pertama sebelum ovulasi, hari ovulasi, dan sehari setelah ovulasi wajib kumpul.. Hari lainnya sunah.. Untuk tau kapan ovulasi, cek suhu tubuh pakai termometer digital tiap bangun tidur (perhatikan tata caranya, silakan googling lagi untuk info lebih lanjut).. Selalu dicatat juga tiap bulannya.. Jadi ketika suhu tubuh turun dari rata-rata, folikel tengah bersiap melepaskan sel telur, sehari setelahnya terjadi ovulasi: suhu tubuh akan naik lebih dari rata-rata.. Hari wajibnya saat suhu turun, saat suhu naik, dan sehari setelah itu.. Kalau program anak kedua dst, bisa diatur jenis kelamin calon anak ingin apa.. Kalau ingin perempuan, kumpul sebelum atau sesudah ovulasi.. Kalau ingin laki-laki, harus pas saat ovulasi yang cuma 24 jam itu.. (dr. Natsir Nugroho, RSIA Muh. Taman Puring, 2015)

Dok, apa gejala adanya sariawan di rahim?

Salah satu gejala ada sariawan di mulut rahim adalah keputihan yang kental berwarna putih seperti susu/bubur.. Tidak gatal, dan tidak panas, namun biasanya berbau khas.. Faktor utama penyebabnya adalah kebersihan, misal penggunaan toilet umum, tidak mencuci tangan sebelum menyentuh area pribadi, menggunakan celana yang ketat sehingga area tersebut menjadi lembap, memakai celana dalam yang sama dalam jangka waktu lama (celana dalam harus diganti sehari 12 jam minimal 3x), penggunaan pembalut atau pantyliner dalam jangka waktu lama, dan faktor lainnya.. Pengobatan dilakukan dengan memberikan albothyl bisa dalam bentuk cair (dilakukan oleh dokter) atau tablet (dilakukan sendiri).. Keputihan normal tidak berwarna alias bening, dan muncul di saat tertentu saja misal saat masa subur.. (Dr. Prima, RSIA Muhammadiyah Taman Puring, 2016) *juga ditambah dari berbagai sumber*

Pemeriksaan terhadap suami, perlukah?

Jelas, donk! Kan bikinnya berdua.. Supaya adil, suami perlu dianalisis spermanya.. Faktor yang dipantau adalah : jumlah sperma, motilitas (keaktifan gerak), dan bentuk/anatomi.. Jika ditemukan ada yang tidak bagus pada indikator tersebut, bila perlu SpOG akan memberi rujukan pada Spesialis Andrologi untuk pemeriksaan lebih lanjut.. Dalam beberapa kasus, penyebab sperma kurang bagus adalah karena ada varikokel yaitu pelebaran pembuluh darah vena pada daerah buah zakar sehingga menghambat fungsi testis.. Penyebabnya antara lain penggunaan celana yang ketat, berada pada tempat bersuhu tinggi dalam waktu lama (termasuk kebiasaan berendam air panas yang intensitasnya sering), faktor keturunan, dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang dioksidasi tinggi (dibakar).. Namun, bila dirasa masih dalam batas wajar, SpOG cukup memberikan vitamin.. Tes berikutnya dilakukan untuk memantau perkembangan kualitas sperma.. (Dr. Tagor, RSIA Andhika, 2014) *juga ditambah dari berbagai sumber*

***

Setiap akan konsultasi ke SpOG, saya hampir selalu membawa tas gede berisi bekal nasi lengkap dengan sayur dan lauk, cemilan, buku bacaan, headset besar yang dilingkarkan di kepala, mp3 player, tak ketinggalan HP, tissue (basah dan kering) plus antis, dan terkadang membawa bantal kecil.. Buat jaga-jaga antrean lama, lapar, ngantuk, dan bosan.. Tapi, kata suami seperti persiapan tamasya.. LOL..

Closing words, entah kenapa saat diperiksa SpOG dan ternyata ditemukan sebuah masalah, saya justru lega.. Karena saya berpikir, lebih baik ditemukan masalah agar tau apa yang harus dilakukan untuk mengobatinya, daripada dinyatakan baik-baik saja tapi tetap merasa ada yang salah dan tidak tau salahnya dimana.. Apapun itu, syukuri apa yang ada, sebaik-baik rencana adalah rencana Alloh.. Hanya saja, terkadang kita belum tau kemana jalan akan membawa kita.. Karena itu, selalu berdoa agar diberi kekuatan untuk tetap bisa menempuh jalan yang dipilihkan Alloh..

Ada rahasia di balik rahasia, Insya Alloh semua ada hikmahnya..

[Nov Sabatini]

 

Yuk, baca artikel saya yang lain seputar program hamil :

1. Berapa sih perkiraan biaya inseminasi?

2. Pengalaman saya HSG

Advertisements

3 thoughts on “Bertanya pada SPOG..

  1. Pingback: Kucing (2).. | Novsabatini's Blog

  2. Pingback: Kucing.. | Novsabatini's Blog

  3. Pingback: In Memoriam Of Pusy.. | Novsabatini's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s