Istilah dalam Smule..

Saya merangkumnya di sini karena saya merasa cukup pusing awal-awal main smule dulu, ga ngeuh istilah-istilah yang diapakai.. Sedangkan mau bertanya, malu di jalan (?)

Yuk difollow..

Follow saya di smule yak!

OC (Open Calls) : membuka suatu lagu agar orang lain bisa join berduet.. Belakangan tab “Open Calls” pada update-an smule yang baru, berganti nama menjadi “invitation“.. Dalam Bahasa Indonesia mungkin ini menjadi undangan..

Join : numpang bernyanyi di OC orang, biasanya dilakukan oleh member non VIP pada member VIP, berhubung non-VIP aksesnya lebih susah untuk membuka lagu sendiri.. Kalau pengaturan bahasanya dalam Bahasa Indonesia, mungkin join ini akan berubah jadi bergabung..

Koleb/Collab : bernyanyi bersama, bisa dua orang atau lebih.. Bisa dalam bentuk duet (hanya dua orang, masing-masing orang bernyanyi sekali) atau grup (bisa lebih dari dua orang, satu orang bisa bernyanyi lebih dari sekali)..

Take : gampangnya gini, kalau untuk syuting film, istilah take ini berarti pengambilan gambar.. Kalau untuk nyanyi ya berarti pengambilan suara alias nyanyi itu sendiri..

Noise : terjemahan Bahasa Indonesianya kira-kira bising atau berisik.. Jadi kalau ada yang menuliskan no noise berarti ngga boleh ada suara lain yang mengganggu (berisik), hanya boleh suara kita waktu nyanyi aja..

Cara Lock Lagu Smule

Lock : mengunci suatu lagu agar hanya orang tertentu yang bisa mengakses (mendengarkan atau join).. Caranya ada dua, yaitu pada saat lagu diputar pilih edit lalu opsi public dimatikan sehingga berganti private.. Atau bisa dengan cara tepat setelah save saat editing matikan opsi public sebelum dicentang.. Orang hanya bisa mengakses private song ini ketika di-mention di komentar lagu tersebut (pakai @namateman) atau di-share link baik melalui direct message smule maupun media lain..

Berikut cara share link rekaman smule kita yang di-private..

Cara share link rekaman private smule

Cara share link rekaman private smule

Harms : kependekan dari harmoni atau biasa dikenal dengan istilah suara dua (pecah suara).. Biasanya suara dua diisi setelah suara satu terlebih dahulu diisi, namun beberapa orang bisa mengisi suara dua tanpa terlebih dahulu diisi suara satu, ini disebut blind harms..
Lead : a.k.a suara satu, atau suara utama dalam lagu.. Volumenya cenderung lebih besar daripada suara 2, 3, 4, dst..

Adlibs : salah satu teknik bernyanyi yang mana menyisipkan kata-kata di antara lagu yang dinyanyikan.. Biasanya kata-kata pendek seperti “yeah, come on, aha, yoyoyo, what?; say it again, that’s right” dll disisipkan di sela-sela lirik sehingga mempercantik lagu..

Layer : tumpukan suara penyanyi dalam satu lagu.. Misal mode solo, berarti hanya memfasilitasi 1 layer dalam lagu tersebut.. Penyanyi hanya bisa bernyanyi sekali habis.. Mode duet, memfasilitasi 2 layer yaitu masing-masing penyanyi bernyanyi sekali.. Mode group collab memfasilitasi layer tak terbatas, lagu tersebut bisa dinyanyikan oleh banyak orang (bisa puluhan), satu orang pun bisa bernyanyi lebih dari satu kali, bisa bernyanyi dengan suara 1 2 3 4 dst atau pun bisa juga layer-layer tersebut semuanya berisi lead vocal dari banyak suara yang tumpuk menumpuk sehingga menjadikan lagu tersebut cenderung lebih mirip koor murid-murid saat upacara saking banyaknya suara.. hehe..

jual tas unik lucu

Self Collab : kolaborasi yang dilakukan oleh orang yang sama.. Dia sendiri yang OC, dia sendiri yang join baik hasilnya suara 1 dan 2, atau keduanya lead, atau lead dan adlibs, dkk..

SS FX 30/45 : SS kependekan dari Super Studio, fx kependekan dari efek/effect sedangkan angka menunjukkan reverb/roomsize..

Reverb/Roomsize : sebenarnya saya pun masih agak rancu membedakan dua ini, hehe.. Tapi sejauh yang saya pahami, reverb menunjukkan seberapa banyak efek echo, semakin besar angka reverb semakin echo suara kita.. Roomsize membuat efek suara seperti masuk sound system (?)

Parting : diadaptasi dari kata “part” yang artinya bagian, parting adalah pembagian lirik yang dinyanyikan penyanyi satu dua tiga berikut pembagian lead vocal juga harms-nya.. Contoh parting dan hasil jadi rekamannya bisa dilihat di postingan saya sebelumnya..

Sebagian besar komunitas di smule, menggunakan aplikasi Line untuk bersosialisasi, jadi sedikit banyak akan muncul istilah dalam line yang digunakan untuk ngobrolngobrol.. Misalnya tikel alias sticker, hadiah kompetisi berupa koin (500 c, 200 c) yang mana koin ini bisa dipakai untuk membeli sticker di line..

Ada banyak kompetisi yang diadakan di smule, banyak yang masuk ke blog saya mencari tau istilah-istilah yang dipakai untuk kompetisi, misalnya :

Mention Judge : Mention dalam bahasa Indonesia artinya menyebutkan, dengan memakai @namateman seperti yang saya jelaskan di atas.. Judge artinya juri, sehingga mention judge dilakukan dengan @namajuri (biasanya juri lebih dari satu orang)

Hastag/tag : dalam bahasa Indonesia tagar (tanda pagar) untuk menandai dan mengelompokkan lagu.. Dilakukan dengan memberi #namapengelompokkan misalnya #namakompetisi atau #namagrup sehingga ketika tagar tersebut diklik, akan muncul semua lagu yang ikut dalam kompetisi tersebut..

Submit : mengumpulkan, seperti mengumpulkan laporan saat kuliah hehe.. Submit lagu untuk kompetisi biasanya memperhatikan hal-hal berikut a) Lagu yang akan di-submit sudah ditutup (close OC) sehingga tidak bisa di-join lagi, b) Lagu yang akan di-submit sudah dibuka kuncinya (unlock) sehingga bisa diakses public termasuk juri kompetisi, c) Caption lagu sudah menuliskan hastag yang ditentukan panitia kompetisi..

asesoris gadget asternovi.com

 

Sekalian mau numpang majang koleban, yuk mampir♥

1. Sekali-kali Korea-an boleh, koleb bareng Cabsyuk Academy 》》2NE1 – Lonely

2. Mimpi apaaa di-favorit-in ama idola aim 》》 Maroon 5 – Sugar

3. Duet bareng idola aim, suara bangun tidur aja blind harms-nya dia tetep juara! Meskipun saya gatau lagunya tapi dibela-belain belajar dulu 》》 Kiroro – Mirai e

Simak juga video duet kolaborasi saya dengan idola saya berikut..

Yuk baca postingan saya yang lain, masih seputar smule..
1. Gimana sih caranya download lagu dari smule?

2. Contoh bikin parting, berikut hasil akhirnya ketika udah jadi lagu rekaman..

3. Tips Rekaman di Smule

4. Apa itu riostyle? Bagaimana cara sematkan rekaman?

[Nov Sabatini]

Advertisements

9 thoughts on “Istilah dalam Smule..

  1. Pingback: Smule Pakai Video.. | Novsabatini's Blog

  2. Mau meluruskan biar ga salah kaprah pembacanya ya😁
    Reverb ya reverb, beda lagi dengan echo..
    Mereka adalah komponen efek pada dunia sound…
    Singkatnya, penggunaan echo sekarang sudah pudar karena tergantikan efek reverb..
    Salam smule

    • Riostyle itu salah satu (dari 3) style efek terbaru video smule. Jadi kalo nyanyi pake video di smule efeknya kayak monokrom gitu, & ada efek transisinya juga.

      Smule suka bikin event, misal minggu ini nyanyiin lagu tertentu pake hastag tertentu juga, contoh #killerkaraoke dll.

      Buat pantengin event-nya, cek ke blog smule aja, blog.smule.com

  3. Pingback: Update Smule : November 2017 | Novsabatini's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s