Tips Rekaman di Smule..

Sebenarnya hal ini sudah pernah saya tulis di artikel sebelumnya.. Namun saya rasa artikel tersebut terlalu panjang, takut yang baca bosan duluan sebelum dapat poin yang ingin saya sampaikan.. Jadi saya putuskan untuk split di artikel baru a.k.a pindahan..

Tips Bernyanyi di Smule..

Tips Bernyanyi di Smule..



Bagaimana Mendaftar VIP Smule?

Cara daftar VIP ada tiga cara, lewat kartu kredit, lewat potong pulsa (untuk pengguna simpati dan indosat), satu lagi dengan menukar kredit poin (seperti di Yokee)..

Kredit poin ini di awal diberikan smule sebanyak 20 poin (kalau tidak keliru) selanjutnya bisa didapat di antaranya dengan like fanpage smule di facebook, download beberapa aplikasi dan menggunakannya selama waktu tertentu, seperti berita online, games, dan lainnya.. Tiap aplikasi berbeda nilai kredit poinnya.. Untuk membuka sebuah lagu harganya 35 poin..

Pssst, bisa juga crack lewat aplikasi.. Nama aplikasinya apa dan bagaimana caranya, silakan googling lagi ya.. Teman saya ada yang pakai hacker, saya pernah diberitahu tapi lupa detailnya bagaimana..

Awalnya saya pakai kartu kredit untuk berlangganan.. Karena saya tidak punya kartu kredit, maka saya nebeng kartunya si Om.. huahahahaha.. Pakai kartu kredit hanya daftar satu kali saja, selanjutnya otomatis perpanjang di tanggal yang sama tiap bulannya (saya langganan bulanan).. Yak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, langsung tertagih aja..

Biaya member VIP cukup terjangkau untuk pengguna Android, yaitu Rp 12.000,- sebulan atau kalau mau daftar setahun cukup membayar Rp 95.000,-..

Berikut saya rangkum perbedaan member VIP dan non-VIP sejauh yang saya rasakan sampai saat ini :

1. Open Call (OC) : alias membuka lagu untuk duet, non VIP hanya bisa dua hari saja per lagu sedangkan VIP sampai tujuh hari..

2. Efek : VIP bisa memakai efek suara Super studio.. Non-VIP efek suara super studio terkunci, namun selain efek tersebut bisa diakses semua..

Saya rasa dua poin itulah perbedaan utamanya.. Selain itu, sama saja apakah VIP atau non-VIP (dengan menggunakan kredit poin) jika membuka lagu.. Nah, ini kelebihan bisa membuka lagu sendiri:

1. Solo/Duet/Group : bisa memilih apakah lagu ingin dinyanyikan Solo, atau di-OC (bisa memilih mau bernyanyi part 1 atau part 2), juga bisa membuka lagu untuk dinyanyikan beberapa orang..

2. Editing : lebih susah ternyata kalau bikin OC.. Ketika editing sudah pas timing-nya tapi ternyata setelah di-save timing tidak sinkron, cenderung terlalu cepat.. Harus pakai feeling nih, hasil rekaman sebaiknya diperlambat kisaran 20-30 ms agar waktu di-save timing-nya pas.. Konon, pemakai iPhone tidak begini, timing selalu pas (tidak ada pengaturan syncronization).. Update : sekarang sudah ‘normal’ fungsinya, tidak lagi meleset.. Hanya saja, saya rasa yang meleset sekarang adalah pengaturan volume.. Di editing sudah pas, ketika di save ternyata terlalu keras..

3. You+You = Double Amazing! : ini yang paling saya suka dari menjadi VIP, saya bisa join duet dengan OC saya sendiri.. Jadi, daripada solo vokal lagu tertentu yang temponya ngos-ngosan, mending dibagi dua jadi OC lalu di-join sendiri.. Jadi bisa dibuat suara satu dan dua kan, hehe.. Bahkan bisa suara tiga, kalau buka lagu tipe group collab..

4. Bisa Freestyle.. Saya baru tau belakangan, bagaimana caranya bikin freestyle setelah diberitau teman satu grup.. Hehe.. Ternyata simple, klik gambar microphone seperti biasa ketika ingin menyanyikan suatu lagu.. Di bagian atas akan ada banner iklan untuk join lagu artis tertentu yang mempunyai official account atau iklan kompetisi.. Nah, geser saja banner tersebut sampai menemukan freestyle.. Lewat freestyle ini kita bebas memainkan musik sendiri, pakai gitar, piano, atau acapela.. Saran : pakai group collab sehingga musik bisa dibuat dalam layer tersendiri, kemudian baru diisi vokal, agar lebih enak menyesuaikan volume dan lebih fokus..

jual tas unik lucu

 

Bagaimana Cara Berhenti Menjadi Member VIP?

Bagi member VIP dengan sistem potong pulsa, kalau masa VIP habis sedangkan pulsa tidak mencukupi (sekitar Rp 14.000,- jatuhnya, plus pajak or something) maka setelah gagal 2 kali perpanjang otomatis (jeda waktu antara percobaan perpanjang pertama dan kedua hanya selang sekian jam), keanggotaan VIP akan hilang dengan sendirinya..

Nah, masalahnya, setelah gagal kemudian isi pulsa dan akan perpanjang kembali, perpanjang akan gagal (tenang, tidak memakan pulsa).. Ini menurut pengalaman pribadi.. Saya kurang tau apakah harus menunggu selang waktu tertentu untuk bisa mendaftar VIP kembali dengan sistem pulsa, atau harus bagaimana, karena setelah itu pasrah saja menjadi non-VIP sampai sekarang.. Hehe..

Sementara bagi member VIP yang menggunakan kartu kredit, smule akan otomatis memperpanjang.. Pemberitahuan tidak dikirim ke akun smule, melainkan harus dicek manual ke akun Google Play.. Langsung cek saja di My Application, kemudian ke tab Subscription di situ akan tertera aplikasi apa saja yang menyedot biaya dari kartu kredit.. Dari situ, ada opsi untuk berhenti berlangganan.. Nah jangan khawatir, ketika berhenti berlangganan sebelum jatuh tanggal, akun masih akan VIP hingga tanggal jatuh tempo tersebut..

Editing Smule

Tips Rekaman di Smule..

1. Paling penting : gunakan headset ini akan mencegah musik yang akan dinyanyikan terekam kembali bersama suara kita.. Tanpa headset hasil rekaman akan bergema..

2. Usahakan ruangan tertutup.. Beberapa ada yang rekaman di dalam mobil.. Ada yang rekaman di dalam lemari, bahkan di dalam box ATM hehe.. Ini sangat membantu terutama jika mic terlalu sensitif menangkap suara, sehingga suara angin pun bisa jadi noise.. *ajib bener mic-nya yak*

3. Pakai effect yang disediakan.. Lumayan membantu lho..

4. Dekatkan mic saat nada rendah, jauhkan mic saat nada tinggi dan harms..

5. Gunakan reverb dan roomsize besar untuk harms dan backing vocal.. Saya biasa 50/50 berani lah.. Cocok juga untuk lagu akustik, tapi jangan terlalu besar, kisaran 30/30 sudah oke.. Kecilkan reverb dan roomsize di kisaran belasan atau pilih efek lain untuk lagu rap..

6. Kalau pakai mic bawaan ponsel, saya biasa menutup mic pakai jari ketika bukan part saya bernyanyi.. Terlebih ketika sedang take group collab..

Beda Android dan iPhone..

1. Tarif berlangganan : Android murah banget, hanya Rp 95.000,- per tahun sedangkan iPhone menarik biaya sekitar Rp 500.000,- untuk setahun berlangganan VIP smule.. Lumayan mencolok euy..

2. Beda tarif, beda layanan donk.. Pakai Android susah banget untuk menyinkronkan vokal dan musik ketika editing, hampir pasti selalu meleset meskipun hanya sepersekian detik saja.. Ini karena pengguna Android baru bisa mendengar hasil akhir (suaranya+musik) di proses editing saja, alias ketika lagu telah selesai dinyanyikan.. Sedangkan pengguna iPhone bisa realtime seperti layaknya orang karaoke, suara dan musik dapat langsung didengar saat bernyanyi.. Sehingga tak perlu mengatur sinkronisasi saat editing, asalkan sewaktu bernyanyi sudah pas dengan tempo, maka hasil akhir akan persis seperti itu.. Enak kan? Mahal sih..

3. Begitu pun dengan pengaturan volume.. Android sering sekali ketika sudah di-save tiba-tiba suara menjadi jauh lebih kecil daripada sewaktu proses editing.. Selain itu di Andro untuk atur volume harus pakai feeling dan ilmu kira-kira, sedangkan di iPhone ada angka parameternya, misal 0, -5, 6 dll.. Jadi, tepat ketika selesai bernyanyi dan masuk ke proses editing, volume menunjukkan posisi 0 (ada di 2/3 bagian dari bawah), ke atas mentok adalah posisi volume +6, sedangkan ke bawah mentok adalah posisi volume -12..

Tambahan : Pakai Galaxy Mega ternyata tidak bisa untuk mengakses video di smule.. Sedangkan Oppo (Bapak), Lenovo (Om), dan Xiaomi (Adek) sudah bisa.. Waktu mau OC langsung keluar sendiri tampilan video-nya, baru dikasih pilihan untuk switch ke mode rekaman suara saja.. Sedangkan di ponsel saya, it didn’t pop out..

[Nov Sabatini]

asesoris gadget asternovi.com

 

Yuk, cek artikel saya yang lain mengenai Smule :

1. Gimana sih cara download lagu dari Smule?

2. Contoh partingan berikut hasil akhirnya ketika udah direkam dan jadi lagu..

3. Belajar istilah-istilah dalam Smule.. Apa sih harms? SS fx?

Advertisements

3 thoughts on “Tips Rekaman di Smule..

  1. Yang ada setelah manualnya cuma Super Studio & Super Pop kalo ga salah.. Kalo ga keliru, yang di efeknya ada tulisan VIPnya kecil di bawah..

    Jadi efek lainnya (studio, pop, polish, magic) tetep ga ada setting manual meskipun vip..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s