Pengalaman Pertama : Mencoba Kelas Gratis SB1M..

Sebelumnya, apa sih SB1M?

SB1M adalah semacam sekolah bisnis yang spesialisasinya di bidang internet marketing.. Saya juga awalnya dapet info dari si Om, entah dari mana si Om nemu link SB1M ini, tau-tau dia daftarin nama dan email saya.. Katanya mumpung gratis..

Iya, GRATIS nyobain kelas SB1M sebanyak 3x pertemuan.. Maka akhirnya berangkatlah saya ke kelas SB1M yang diadakan di Gedung 2 Lantai 9 Sentra BRI nun jauh di Soedirman..

Suasana Kelas SB1M

Suasana Kelas SB1M

Di balasan email dari SB1M sih, dikatakan untuk bawa laptop saat kelas.. Saya sudah sangat amat lama sekali banget tidak pernah lagi nenteng-nenteng laptop jalan jauh.. Jadilah saya bawa tas berisi laptop jalan di jembatan sirotol mustaqim antara halte Semanggi ke halte depan BRI yang panjang naudzubillah dan naik turun itu, eeh sampai sana donk pertemuan pertama bahas konsep doank alias laptopnya tidak dipakai.. Ngek ngoook..

Pertemuan pertama bahas tentang seluk beluk dunia internet marketing, semacam perkenalan lah.. Pertemuan kedua bikin website, berhubung saya sudah punya website, saya langsung loncat ke kelas ketiga yaitu tentang materi dikiiit..

Nah, menurut saya sebagai salah satu free member, sebenarnya tiga pertemuan tersebut cukup membuka wawasan, selanjutnya jika mau belajar sendiri pun saya rasa banyak sekali website yang bisa di-googling..

Suasana Tutorial Membuat Website

Suasana Tutorial Membuat Website

Tapi mengapa akhirnya saya daftar kelas SB1M?

Bagi saya pribadi, kalau belajar sendiri saya pasti bingung, mau mulai dari mana dan akan kemana fokus saya nantinya.. Karena dunia internet marketing sangat amat luas dan berhubungan satu sama lain, contohnya saja novsabatini.com ini bisa nge-link ke instagram, facebook, youtube, dll.. Padahal, masing-masing dari novsabatini.com, facebook, instagram, youtube, punya strategi dan cara pemasaran yang berbeda-beda.. Ini yang saya ingin tau lebih dalam..

asesoris gadget asternovi.com

Manfaat SB1M?

1. Yang pasti, tujuan utama saya adalah BELAJAR, dan SB1M punya kurikulum yang disusun sedemikian rupa oleh praktisi internet marketing itu sendiri.. Lebih mudah untuk dipelajari, plus dapet mentor yang bisa saya tanya-tanya kapan saja (berhubung saya orangnya gampang bingung plus kadang suka breaking rule).. Dan menurut saya, harga dari sebuah ilmu itu adalah priceless.. Biaya segitu untuk belajar, ga mahal..

2. Yang kedua yang tidak kalah penting adalah KOMUNITAS, teman untuk belajar bareng, sharing dan berbagi tips.. Ini merupakan aset intangible, semakin banyak orang yang dikenal maka semakin mudah untuk membangun link baik untuk keperluan bisnis maupun sekedar sosial dan aktualisasi diri..

3. Berikutnya yang masih berhubungan dengan poin nomor dua yaitu UPDATE.. Seperti yang kita tau, dunia teknologi dan komunikasi perkembangannya sangat pesat.. Gadget baru satu bulan saja mungkin sudah keluar generasi yang lebih baru lagi bulan berikutnya.. Begitu pun dunia internet marketing.. Yang saya suka, komunitas ini selalu update mempelajari algoritma-algoritma google.. Bagaimana cara kerja google untuk menampilkan artikel di halaman pertama..

4. Terakhir, masih ada hubungannya juga dengan poin nomor dua yaitu KERJA SAMA.. Jujur, saya datang ke kelas hanya modal badan, laptoo, dan waktu luang saja.. Selebihnya saya blank.. Bahkan bisa dibilang saya minder mengetahui fakta bahwa sebagian besar teman-teman lain sudah datang membawa konsep (alias sudah punya usaha yang sedang berjalan).. Nah, bagi yang senasib dengan saya, SB1M telah bekerja sama dengan beberapa brand, di antaranya : synergy, dewa web, bloopendorse, dll.. Kita bisa memulai dengan menjual produk tersebut di website kita, kalau kita mau.. Kalau tidak mau pun tidak masalah, kalau punya produk sendiri bisa banget fokus hanya untuk jual produk sendiri..

Note : tiga kali datang, ngobrol dengan banyak orang, tanya-tanya pada mentor-mentor, saya akhirnya punya konsep di kepala.. Bahkan tepat setelah daftar, malamnya saya tidak bisa tidur, ide-ide di kepala meletup-letup seperti kembang api..

 

Saya rasa poin utamanya empat di atas.. Oh, satu lagi yang saya suka, persaingan di dunia internet ini tidak seperti di dunia nyata yang harus merayu customer dsb melainkan lebih kepada gimana sih cara dandan yang cakep biar dilirik ama banyak cowo? Kira-kira seperti itu..

Dunia internet itu tak terbatas dan tak terduga, tidak seperti dunia nyata yang mau buka toko saja banyak batasan seperti lokasi, harga sewa, dll.. Di internet, bahkan website dengan budget mapet pun bisa bersaing dengan website yang jika diibaratkan toko adalah “toko besar yang strategis“, nah untuk itu memang perlu banyak belajar dan menggunakan berbagai tools untuk mensiasatinya.. Awkarin, Sinta & Jojo, Noorman Kamaru yang awalnya bukan siapa-siapa saja bisa dapat penghasilan wow dari bisnis internet ini, kenapa kita tidak?

Tapi tenang, sebagai blog yang telah enam tahun eksis, novsabatini.com akan tetap pada jalurnya yaitu personal branding saja, tidak lantas berubah jadi website marketing.. Konten tetap yang utama, semua yang saya tulis di sini adalah opini dan pengalaman pribadi, dikemas dengan perspektif yang berbeda.. Paling-paling yang akan sedikit berubah hanyalah kemunculan iklan-iklan dan banner sebagai bahan percobaan belajar.. Kalau pun ada hasilnya, itu bonus yang harus disyukuri.. Hehe..

jual baju bayi lucu

Yuk cek artikel saya yang lain :

1. Review tempat-tempat belanja oke di jakarta

2. Perkiraan biaya inseminasi Jakarta Selatan

3. Yuk karokean aplikasi, bisa didownload jadi mp3 loh!

Advertisements

5 thoughts on “Pengalaman Pertama : Mencoba Kelas Gratis SB1M..

  1. Pingback: Kalender 2017.. | Novsabatini's Blog

  2. Pingback: Masa Lalu.. | Novsabatini's Blog

  3. Pingback: Sebuah Catatan.. | Novsabatini's Blog

  4. Pingback: Create Your Own Trigger : Set a Goal! | Novsabatini's Blog

  5. Pingback: Pengalaman Pertama : Pasar Taman Puring.. | Novsabatini's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s