Angkringan Jakarta Selatan..

Aaaak, i gotta share this!

Sebelumnya ada yang belum tau apa itu angkringan? Masa’ iya ada yang belum tau? Tsaah.. Angkringan yang juga populer dengan sebutan hik (di Solo) adalah semacam tempat makan berbentuk gerobak, menjual aneka bungkusan nasi kucing (bisa berisi bandeng, oseng tempe, teri, dll) dan berbagai macam sundukan, yaitu semacam sate mulai dari ayam, keong, lemak sapi, sosis, usus, bakso, otak-otak, dll..

Angkringan Pak Blangkon..

Di Solo, hik bisa beroperasi sampai dengan 24 jam, dan harganya amat sangat merakyat.. Hik ini populer di antara kalangan mahasiswa rantau khususnya apabila tanggal sudah mulai belasan akhir hehe.. Iya, saking murahnya, bahkan selevel mahasiswa saja kalau makan tidak perlu tanya “Sate usus ini satu tusuk berapa duit Pak?” melainkan asal comot saja, kemudian baru di total di akhir.. Kalau ga maruk, totalan ga akan nyampe noban.. Bahkan ceban pun sudah kenyang..

Angkringan Jagakarsa..

Selama di Jakarta ini, saya beberapa kali kangen ingin makan di angkringan.. Ada sih beberapa angkringan yang pernah saya coba di sekitaran Jagakarsa dan Ragunan, tapi saya bilang sih masih beda jauh dari ekspektasi saya.. Secara, dibandingkannya dengan hik di Solo.. Sundukan di angkringan Jakarta standar banget, cuma ada ayam, sosis, otak-otak, usus.. Sedangkan saya sering kangen makan koyor! Itu lho, kalau orang Solo nyebutnya sate gajih alias lemak sapi..

 

Angkringan Jalan Jagakarsa Lenteng Agung..

Nah, beberapa waktu yang lalu saya pulang main agak malam.. Perjalanan dari Stasiun Lenteng Agung ke rumah naik ojek, secara tidak sengaja saya melihat Angkringan Jogja Pak Blangkon ini.. Sekilas saya lihat tempatnya asyik, terdiri dari dua lantai semi terbuka dengan tiang-tiang bambu gitu..

Akhirnya weekend kemarin saya berkesempatan ngincipin angkringan ini sama si Om.. Dan untuk pertama kalinya selama di Jakarta ini, saya menemukan koyor! Waaaaa..

Berbagai sundukan..

Tempatnya memang sedikit berbeda dibanding angkringan lain baik di Solo maupun di Jakarta.. Jika angkringan biasanya duduk lesehan atau bahkan nongkrongin depan gerobaknya pas, angkringan Pak Blangkon ini pakai kursi-kursi bambu (lebih asyik lagi kalau ada lincak sih, hehe).. Tempatnya pun enak, parkir motor pun memadai.. Untuk menu, saya bilang ini yang paling oke di antara beberapa angkringan ibukota yang pernah saya coba.. Jika biasanya pesan wedang jahe dibikinin dari jahe sachetan, angkringan Pak Blangkon ini pakai jahe beneran! Malem-malem abis ujan, mana lagi flu, saya pesan jahe kencur.. Nyusss pokoknya!

 

Daftar Harga Angkringan..

Selain menemukan koyor, saya juga menemukan nasi bakar di sini.. Nasi berisi tempe, dibungkus dengan daun pisang yang nantinya akan dibakar dulu sebelum disajikan.. Untuk satu nasi bakar, tiga nasi kucing, dua koyor, dan tiga sundukan lainnya plus wedang jahe kencur dan wedang jeruk kami menghabiskan Rp 38.000,- (kok sama kayak jajan mie ayam bakso dua porsi plus teh botol dua ya?).. Ya emang sih, ga bisa semurah di Solo, tapi cukup lah untuk obat kangen..

 

Menu Angkringan Nasi Bakar & Koyor..

Angkringan Pak Blangkon ini terletak di Jalan Jagakarsa, selatan pom bensin, persis di sebelah gapura Jalan (atau gang sih lebih tepatnya) Rambutan.. Jika datang dari arah Pasar Lenteng Agung, angkringan ada di kiri jalan..

Selain Angkringan Pak Blangkon ini ada satu lagi angkringan rekomendasi saya, yaitu Angkringan Tiga Kucing.. Terletak di Jalan Muhammad Kahfi 1, sebelah Utara Ndalem Jagakarsan, tepatnya di seberang tempat cuci mobil.. Angkringan Tiga Kucing ini terkenal dengan Oseng Mercon yang super pedas.. Semangkok kecil harganya Rp 12.000,- tapi iya sih, isinya kikil dan daging sapi soalnya.. Oh, untuk catatan, angkringan ini libur hari Senin..

jual home decor wallpaper lucu

Ada satu angkringan lagi yang saya bilang sih standar, cuman emang ramai banget ga tau kenapa, hahaha.. Letaknya di depan Ragunan, tepatnya di jalan buntu menuju wisma atlet, sebelah Timur dari Pintu Utara Ragunan.. Ini mirip hik di Solo sih, duduknya lesehan dan tongkrongan depan gerobak..

Jadi, nanti malam mau ng-angkringan dimana?

Yuk, baca juga artikel yang lain :

1. Ikutan kelas bisnis gratis SB1M

2. Referensi tempat belanja oke di jakarta

3. Karokean di rumah, bisa didownload jadi mp3 pula!

Advertisements

8 thoughts on “Angkringan Jakarta Selatan..

  1. kalau disini namanya angkringan sudah sangat biasa sekali kak, tapi itu peluang lho bikin angkringan di jkt. banyak orang dari Solo-Jogja sekitarnya kadang kangen makanan beginian..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s