Pengalaman Pertama Kena AME..

Hai pemirsah.. Saya mau sedikit curcol ah, mumpung timing dan suasananya pas, almost 2 am hehe.. Jadi ceritanya saya begadang, lebih tepatnya ngga bisa tidur gara-gara tadi sore gagal bikin carousel ads di facebook.. Seperti biasa, kalau sudah gagal barulah saya baca-baca dan cari tau.. Kebiasaan, harusnya cari tau di awal biar ngga gagal, jangan ditiru ya.. Hehe..

Oke, saya memang pemula dalam hal facebook ads ini, masih newbie dan kinyis-kinyis.. Tapi saya sudah kena AME (ads manager error) alias kena banned satu kali *loh kok malah bangga sih nop?*  *ini bukan bangga tapi sedih*

Jadi, sekarang kalau mau bikin iklan lagi super hati-hati..Deg-deg-an euy! Btw tadi saya mau cerita apa ya? Bahahaha kepanjangan pembukaannya.. Maafkan..

Pengalaman Kena AME

Dari sekian buanyak macam facebook ads, saya baru pernah coba like fanpage, boost post, dan sekali bikin audience untuk traffic website.. Sebelum akhirnya kena banned karena sepertinya melanggar policy, ngga sengaja merujuk atribut pribadi orang.. Lebih tepatnya kondisi keuangan seseorang, dengan kalimat “ngga bikin kantong kering“..

Hari itu memang internet kurang responsif karena mendung gelap banget.. Sewaktu bikin iklan sebenarnya audience-nya ingin saya ganti tapi ngga berhasil kebuka.. Karena sebelumnya pernah iklan like fanpage yang audience-nya default setting dari facebook, dan hasilnya not too bad, saya nekad juga klik pesan iklan.. Eh, iklan ditolak donk.. Mampus! Saya bingung.. Total saya bikin banding ke facebook sebanyak 3x pada saat yang sama, plus balesin email notifikasi AME sampai 2x..

Saya agak bingung karena laporan banding ada dialog metode pembayaran yang mana tidak ada opsi untuk metode pembayaran yang saya pakai.. Hanya ada opsi Kartu Kredit dan PayPal sedangkan saya pakai sistem prabayar via transfer ATM.. Mana saldo abis saya top up Rp 250.000,- hiks hiks..

Memang ada text box yang muncul, bilang kalau laporan sudah terkirim dan sebentar lagi akan direspon balik oleh tim facebook.. Tapi tidak dijelaskan sebentar lagi itu berapa lama.. Hampir tiap jam saya cek email, ngga ada balesan.. Malamnya, saya pun begadang untuk cari solusi bagi yang pernah mengalami kejadian serupa.. Memang banyak sih, dan bermacam-macam kasusnya.. Sampai besoknya, dan besoknya lagi, belum ada feedback.. Hingga akhirnya saya menyerah, pasrah, dan merelakan saldo saya.. Aplikasi ads manager pun sudah saya uninstall dari ponsel, karena bikin baper liatnya..

Jeng jeng!

Trus Gimana Donk?

Saya googling dan menemukan beberapa solusi kalau kena AME dengan worst case scenario banding ditolak.. Yang paling gampang, bikin akun baru.. Karena ads manager nempel ke akun facebook individual, tiap akun facebook hanya punya satu ads manager.. Begitu kena AME, bubar deh.. Ngga bisa dipakai lagi : iklan yang lagi jalan berhenti, mau bikin iklan baru ngga bisa, otomatis data audience yang udah susah payah dikumpulkan ngga bisa dipakai lagi, dan fanpage yang kita punya mentog di situ aja ngga bisa dipromosiin lagi.. Tapi konon cara ini rawan AME lagi karena facebook punya record IP dan Kartu Kredit yang dipakai bayar.. Sekali AME tetap AME, hidup AME! *pok ame-ame*

Alternatif berikutnya, bikin akun di business facebook.. Ini menempel tapi terpisah dari facebook (nah gimana tuh?), berdiri sendiri.. Business facebook ini memfasilitasi iklan skala perusahaan yang punya struktur organisasi.. Jadi, ada adminnya, ada pengelola tiap-tiap iklan, ada bagian keuangannya.. Bisa login dari banyak IP tanpa dicurigai facebook sebagai unusual activity.. Dan kalau ada campaign yang iklannya kena AME, yang ngga bisa diakses hanya satu campaign itu saja.. Campaign yang lain masih bisa diakses.. Akun business facebook-nya masih bisa digunakan..

Saya sudah bikin akun business facebook.. Tapi mentog di sistem pembayaran karena ternyata cuma pakai Paypal dan CC, ngga ada opsi prabayar via transfer.. Saya coba utak-atik ngga ketemu.. Bisa sih bikin virtual account, ada banyak penyedia jasanya.. Tapi saya awangawangen, males ribet.. Dan akhirnya saya pun hanya bisa pasrah.. Berhenti dulu jualannya, kita smulean aja! *buat selingan, boleh loh dengerin hasil duet saya di smule, kayak gini contohnya*

Kabar Bahagia Untuk Orang yang Pasrah

Suatu malam yang tenang dan remang-remang, saya iseng cek email (email yang saya pakai untuk facebook memang jarang sekali saya buka, karena bikin facebook-nya sudah dari jaman baheula jadi nama email-nya masih alay).. Saya setengah syok, ngga percaya, saya pikir halusinasi, mata saya yang semula sudah 5 watt (karena memang sudah larut malam) dan bersiap merem pun tetiba langsung cling lagi melek seketika : ada feedback dari facebook yang isinya ads manager saya diaktifkan kembali! Saya sampai kucekkucek mata, baca pelan-pelan karena in English, takutnya udah kegirangan ternyata saya salah translate-in kan ngga lucu banget.. 

Alhamdulillah ya Alloh, seneng banget.. Ternyata betul kata orang, kalau udah pasrah dan ikhlas tau-tau yang diharapkan bakal didapet.  Tsaaah, bijaksini dikit..

Tips Bikin Iklan Facebook

1. Yang jelas, jangan males baca policy! Jangan kayak saya ya.. Kalau bisa, di-print dan ditempel di meja kerja.. Jadi kalau mau bikin ads gampang liatnya.. Kalau udah sering bikin iklan, barangkali udah hafal di luar kepala, tapi ada baiknya dicek lagi mana tau ada yang kelupaan.. Cek juga update policy-nya, karena bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan..

2. Jangan keburu nafsu! Jangan pingin jualan banget.. Kalau bikin fanpage, jangan kosongan langsung iklan.. Isi dulu barang 3 atau 5 postingan terkait tema fanpage.. Facebook pinginnya orang-orang berinteraksi dengan wajar.. 

3. Sabar, selow.. Kendalikan diri.. Iya, ini penting banget.. Jangan asal klik kayak saya.. Kalau ngga bisa kebuka, ya coba lagi, tunggu lima menit.. Kalau perlu, cari tau googling pengalaman serupa yang pernah dialami orang lain barangkali ada solusinya.. Kalau gagal bikin iklan traffic, ya jangan banting setir bikin boost post, asal iklan jalan.. Karena tiap iklan objektifnya beda, begitu pun cara facebook mengiklankannya.. Paling penting, kalau niat awal bikin iklan traffic pasti yang terpatri di otak kita ya bikin iklan  traffic.. Kalau banting setir ke iklan boost post, takutnya policy-nya ada yang ngga sengaja dilanggar.. Tiap iklan ada settingannya sendiri-sendiri, misal berapa ukuran gambar.

4. Harus santai dan fokus.. Kalau lapar, makan dulu.. Kalau belum sholat ya sholat dulu.. Kalau ngantuk ya tidur dulu..

5. Tips terakhir teknis banget : patuhi policy.. Jangan coba-coba iklan aneh-aneh kalau ngga urgent.. Usahakan bikin iklan di perangkat yang sama, browser yang sama, dengan nomer SIMcard internet yang sama untuk menghindadi unusual activity..

Policy Udah Tertempel di Dinding


Note :

Bikin banding keterangannya ditulis in English ya.. Pas-pas-an gapapa.. Atau kalo ngga PeDe ya pakai translator.. Isinya kira-kira : minta dijelaskan karena ngga tau kenapa tiba-tiba kena AME, jelasin kejadiannya gimana (misal kasus saya, internetnya slow karena mendung, dll), minta maaf, janji bakal lebih hati-hati kalau mau bikin iklan lagi..

Kalau ada masalah atau bingung saat bikin iklan, tanyakan pada senior atau mentor (kalau ada).. Kalau ngga ada, googling dulu siapa tau ada yang pernah mengalami masalah yang sama.. Tapi kalau ternyata ngga nemu solusinya juga, sebaiknya tanyakan atau laporkan langsung ke facebook.. Jangan asal coba-coba sendiri, apalagi sampai asal klik.. Jaga-jaga aja.. Laporkan ke facebook, sertakan screenshot atau video yang menjelaskan permasalahannya.. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s