Melihat Sejarah dari Perspektif yang Berbeda

REPOST FROM INSTAGRAM STORY.

Baca ini lebih dari setahun yg lalu. Masih inget, that feeling of how I was ‘amazed’ reading this.

Liputan Tempo G30S

​Ya gimana sih, secara anak kelahiran 80-an akhir, tau apa tentang G30S selain apa yg ‘diceritakan‘ di sekolah dan film tahunan yg selalu diputar tiap akhir bulan ke sembilan dulu itu?

Ternyata, sejarah itu subjektif. Contoh film Titanic atau Pearl Harbour, si pembuat film menceritakan dari sudut pandang orang tertentu. Bahkan pada film Titanic, sudut pandang yang diangkat notabene bukan dari tokoh penting dalam peristiwa tenggelamnya kapal. Dan film itu populer, sehingga ‘kids jaman now‘ kalau bahas Titanic atau Pearl Harbour mungkin yang kebayang ya filmnya.

Dan ternyata, sejarah itu kompleks. Ngga cuman peran antagonis dan protagonis seperti dalam film, trus udah, titik. Tapi ternyata di balik suatu peristiwa sejarah, banyak pihak yang terkait, dan banyak motif yang melatarbelakangi. Bahkan teori konspirasi Flat Earth pun pernah dikait-kaitkan dengan peristiwa G30S ini. Bener kalau ada yang bilang, melihat peristiwa G30S ini harus pakai norma dan nilai di masa itu pula, ngga bisa dilihat dari kacamata saat ini.

Orang bilang, kalau mau ‘mengoreksi‘ sejarah, menulislah! Ceritakan fakta lain dari satu peristiwa. Karena kejadian cuma ‘sekilas‘ dan sekali, tapi tulisan akan terus hidup, tersebar, dibaca, dipahami, dan diwariskan.

NB : di majalah ini, dibahas G30S dari sisi lain, yaitu kejadian pasca kudeta (yg mungkin hampir ngga banyak orang–terutama ‘kids jaman now‘–tau)

Melihat kembali sejarah dari perspektif berbeda.

But after all, masa lalu pasti selalu ada hikmahnya. Jangan melupakan sejarah. Peristiwa seperti ini cukup di masa lalu saja, sebuah pelajaran yang berharga sebagai bagian dari ‘pendewasaan‘ bangsa. Jangan sampai terulang lagi.

*dalam rangka memperingati G30S*

Sedikit late post karena saya tepar weekend kemarin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s