Recook Resep Kremes Ayam

Lama banget ga posting hehe. Maafkan. Di awal tahun 2019 ini saya mau berbagi hasil recook kremes ayam, resep dasarnya nyontek dari instagram xanderskitchen tapi beberapa saya modif biar lebih sederhana. Ceritanya emak-emak peralatan dan modal terbatas hahaha.

Tekstur Kremes Ayam dengan Adonan Cair

Bahan

Ayam potong (bukan Ayam Kampung) seperempat kilo. Dikit aja karena yang makan cuma berdua. Cuci sampai bersih.

Untuk bumbu ungkep :

Bawang putih 1 butir, geprek

Sereh 1 batang, geprek

Daun jeruk 1 lembar, cuci, remas

Merica butir haluskan, atau lada bubuk secukupnya

Garam & kaldu ayam bubuk secukupnya

Air putih matang yang banyak, ngga diukur sih waktu bikin tapi kira-kira 800 ml atau sampai seluruh ayam terendam air.

Untuk kremes :

Tepung sagu/tapioka 120 gram (atau kira-kira 10-12 sendok makan, maklum ga punya timbangan)

Tepung beras 2,5 sendok makan

Kuning telur 1 butir, kocok. Yang dipakai kuningnya aja ya, putih telurnya dipisahkan (bisa digunakan untuk keperluan lain atau digoreng buat lauk hahaha)

Baking Powder seperempat sendok teh

Tekstur Kremes Ayam Adonan Creamy

Alat & Persiapan

Siapkan cadangan minyak karena minyak di wajan akan cepat habis untuk menggoreng kremes.

Siapkan kursi untuk duduk, karena bakal lama, huahahaha.

Kalau ada, siapkan wajan yang besar, agar lebih cepat selesai. Tapi ya, mungkin butuh lebih banyak minyak, dan perlu penyesuaian lagi untuk meratakan tingkat kematangan. Atau siapkan dua buah wajan kecil untuk menggoreng bersamaan, biar cepat selesai.

Siapkan banyak kertas koran, kertas minyak, dan atau tissue makan yang menyerap minyak. Karena kremes akan sangat berminyak.

Siapkan saringan (yang biasa dipakai untuk menyaring santan dari parutan kelapa) untuk membentuk tekstur kremes saat akan digoreng.

Siapkan centong sayur untuk menuangkan adonan kremes ke wajan.

Siapkan alat pengaman agar tidak terciprat minyak.

Siapkan blender.

Siapkan waktu untuk mengepel lantai, hihihi.

Cara

1. Ungkep ayam dengan bumbu ungkep sekitar sepuluh menit atau sampai air tersisa separuhnya (400-500 ml).

2. Tiriskan ayamnya, gunakan air kaldu sisa rebusan ungkep tadi untuk membuat kremes.

3. Setelah beberapa kali percobaan, saya menemukan dua macam kremes paling pas. Yang pertama, kremesnya ringan & kriuk banget. Yang kedua, kremesnya lebih berisi & lebih lembut. Dengan adonan yang sama, bedanya hanya pada temperatur air kaldu.

Kremes pertama, air kaldu dicampurkan dengan bahan kremes ketika sudah mencapai suhu ruangan. Hasilnya, adonannya akan cair, jika didiamkan beberapa saat tepung akan mengendap di bawah. Untuk adonan ini, hasilnya sekitar satu toples (ukuran sedang) kremes utuh dan satu toples kecil kremes sisanya berupa remukan.

Kremes kedua, air kaldu dicampurkan dengan bahan kremes dalam kondisi panas, setelah selesai diungkep air kaldu langsung dicampurkan. Untuk ini, perlu menggunakan blender agar adonan rata. Jika tidak, adonan akan menggumpal dan lengket seperti lem. Masukkan bahan kremes ke dalam blender, tambahkan air kaldu secukupnya, lalu blender. Kemudian tuang ke dalam wadah dan masukkan sisa air kaldu. Hasilnya, adonan akan creamy (tapi tidak kental ya, tetap cair, seperti kuah sup krim yang ditambah air) dan tidak ada endapan tepung di bawahnya. Untuk adonan ini, hasilnya lebih sedikit yaitu hanya satu toples ukuran sedang itu pun tidak penuh.

Adonan creamy beserta cara menggorengnya sempat saya rekam sekilas dalam video berikut. Maaf agak berantakan, maaf juga belum bisa bikin video full dari awal sampai akhir, maklum ngga ada juru kameranya.

4. Panaskan minyak dalam wajan dengan api keciiil.

5. Ambil adonan pakai centong sayur. Untuk adonan cair jangan lupa diaduk dulu agar tepung yang mengendap di dasar tercampur rata.

6. Siapkan saringan sekitar 20 cm dari atas wajan, lalu tuang satu centong adonan. Minyak akan bercipratan, dengan segera ambil dan masukkan adonan satu centong lagi. Jadi, dengan wajan kecil, untuk adonan cair saya 2-3 centong per gorengan. Untuk adonan creamy, tambahkan lagi hingga 4-5 centong per gorengan.

7. Untuk adonan cair, dengan sutil, kumpulkan adonan ke tengah wajan. Kemudian tunggu hingga agak kaku. Setelah agak kaku, balik dengan menggunakan sutil. Tempelkan pinggiran kremes yang sudah mulai berubah kuning kecoklatan ke tengah adonan, agar tidak cepat gosong. Pinggiran kremes lebih mudah matang, sedangkan bagian tengahnya perlu waktu yang agak lama. Jika perlu, tekan bagian tengahnya dengan sutil agar tercelup sepenuhnya dalam minyak.

8. Untuk adonan creamy, adonan akan tenggelam dalam wajan dan tampak tercerai berai, aduk-aduk terus dengan sutil terutama tengah adonan agar lekas matang. Setelah beberapa lama, adonan akan naik ke permukaan wajan, lalu ikuti cara nomor 7 di atas.

9. Selanjutnya pantau adonan, dan dibolak-balik agar matang merata. Jika warnanya sudah keemasan, angkat dan tiriskan di kertas minyak.

Selamat mencoba 😘

Yuk, baca juga resep yang lain :

1. Resep Choco Cookies

2. Apa ya, mendadak lupa pernah nulis resep apa aja😧

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s