In Memoriam Of Uba..

Uba Makan Roti..

Saya sedang berduka.. :'(

Hamster kesayangan keluarga saya, Uba namanya.. Hari ini (13 Februari 2013) telah mati.. Dia mati tua, usianya sekitar 2 tahun.. Saya sedang di kantor saat mendapatkan sms dari Ibu saya dirumah..

Ono lelayu : Uba mati

Tenanan Buk?? Huhuhuhu.. Seddddiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhh.. T_T

Sama T-T

Sekeluarga merasa kehilangan.. Dia lebih dari sekedar peliharaan.. Dialah yang menemani saya lembur skripsi.. Ayah saya bahkan kerap kali menimang-nimang dia sambil bernyanyi.. (saya harap bukan karena keluarga saya yang aneh?)

Dia  sempat hilang, 3 hari berada di luar rumah berhadapan dengan kucing-kucing yang berseliweran di daerah kami, namun akhirnya dia berhasil pulang kembali.. Sepertinya dia tau bahwa dia disayang..

Uba biasanya saya mandikan seminggu sekali..

Rest in peace, Uba.. We Love You..

***See Also***
1. Micu III
2. Micu II
3. Micu I

Advertisements

Statistik Micu

Uba Makan Roti

Hmmm, lagi-lagi bikin postingan aneh.. Ya, sepertinya memang itulah hobi saya.. Oke deh supaya tema kali ini gak out of topic langsung aja to the point ya, gak pake basa-basi..

Post ini bermaksud menceritakan detail jumlah (mmm, sebenernya gak cuman jumlah sih, tapi gapapa deh.. anggep aja gitu.. hihihi) Micu saya.. Yaitu sbb:

1. Micu yang hilang :
-syria : 3*
-tiger : 4
*lihat: in memoriam of micu i

2. Micu yang mati :
-syria : 2 (1 karena flu*, 1 tanpa sebab yg jelas)
-tiger : +-11 (1 karena berkelahi, 2 karena dimakan kucing, +-8 tanpa sebab yg jelas)
*lihat in memoriam of micu ii

3. Micu yang dijual :
-syria : 2
-tiger : 2

4. Micu yang diberi orang :
-syria : 1 (dari sodara di Kendal)
-tiger : 1 (dari Yanti)

5. Micu yang beli :
-syria : 3 (1 jantan, 2 betina)
-tiger : 1 (betina)

6. Micu yang dikasih ke orang :
-syria : 0
-tiger : 9 (2 ke Bayus, 2 ke Dewi, 3 ke Samuel, 2 ke tetangga sebelah)
*ada yang berminat? ^_^

7. Micu yang dibeli tetangga :
-syria : 0
-tiger : 4

8. Micu yang ada sekarang :
-syria : 2 (betina semua, 1 namanya Uba, 1 namanya Kicrit)
-tiger : 5 (yang 3 namanya sylvia, adul, & radit, yang 2 namanya pak’e & mbok’e)
-baby tiger : 7

9. Micu yang paling gendut :
-syria : Uba
-tiger : hmmm, semuanya gendut kecuali pak’e

10. Makanan kesukaan Micu :
-syria : kuaci, jagung, sawi sendok
-tiger : kuaci
*tambahan : biskuit & segala yang dimakan majikannya mereka juga suka, apalagi yg keju

Catatan:
Micu di sini adalah hewan piaraan saya, yaitu hamster.. ^_^

In Memoriam Of Micu (II).. :'(

Hmmm, sepertinya saya punya piaraan kog berakhir dengan sad ending terus gini ya? oke deh, saya ceritain dulu the happy part-nya deh.. Biar ada ‘sejarah’nya yang baik-baik gitu..

Baby Hamster

Baby Micu (tapi ini bukan yang Jenis Syria, ga tau jenis apa tapi kata yang jual sih ini jenis Tiger)

Beberapa bulan terakhir ini saya piara hamster (baca : Memorian Of Micu part I).. Setelah beberapa hamster ilang (eh, nggak dink.. cuman dua kog.. ^^v) akhirnya hamster saya pun beranak.. :D

Dua jenis hamster saya sama-sama beranak 6 ekor dalam tenggat waktu yang tidak jauh berbeda.. Nah, seterusnya di sini saya akan cerita yang jenis Syria..

Dia beranak 6.. Tapi yang tersisa hanya 3, karena dimakan emaknya.. Huhuhu.. Ini karena di kandangnya ada rumah-rumahan & dia ngumpetin anaknya di situ jadi tidak terpantau.. :(

Oke, 3 yang tersisa tumbuh dengan baik sampai berbulu.. Emaknya warna hitam-putih, Bapaknya warna Coklat-Putih, saya bertanya-tanya penasaran kira-kira warna anaknya nanti bakalan apa aja ya?? Ternyata 2 hitam-putih seperti emaknya dan satu lagi coklat-putih kayak bapaknya.. Gak pariatip banget ya.. -_-”

Baby Micu Coklat, tidur di tanganku.. :)

Nah, berhubung Bapaknya (yang coklat-putih) hilang, maka otomatis saya mengistimewakan si anak yang coklat-putih tadi karena warnanya beda siy.. Micu coklat ini punya hobi yang unik, yaitu gigit-gigit resleting bantal.. Hihihihi.. Kadang-kadang sampai pantatnya monyol-monyol(?) gitu pas gigit-gigit, lucu banget pokoknya..

Saya suka gemes dengan Micu coklat ini, jadi dia sering saya pegang-pegang & saya poto-poto.. Matanya lentik.. Cantik pokoknya (awalnya saya kira betina, tapi ternyata jantan).. Lihat aja tu, banyak banget foto dia. Tapi mungkin inilah awal dari sakitnya Micu.. :(

Micu coklat & Micu item-putih tidur..

Nah, suatu saat saya akan berangkat ke kampus.. Saya ‘berpamitan’ pada si Micu coklat & saya pegang dia.. Tiba-tiba saya mendengar sesuatu yang tidak biasa, nafasnya rada berat & seperti bersin-bersin juga..

Kamu kenapa Cu?? Duh… :(

Sampai-sampai rencana keberangkatan saya ke kampus tertunda.. Saya bingung & tidak tau harus diapain, karena ini pertama kalinya ada kejadian Micu seperti ini.. Kata Ibu “dia flu mungkin?” tapi saya pikir masa’ iya sih bisa flu? Dilanjutkan dengan percakapan “Dikasi obat flu ya?” kata Ibu, yang saya jawab “jangaaaaan, nanti kalo malah mati gimanaaa??”..

icu Coklat dan saudara-saudaranya..

Karena tidak tau kenapa dan harus ngapain, maka saya lepas Micu di kamar dan dia langsung ke sudut ruang di belakang meja belajar.. Saya lihat dia seperti merasa comfort di situ jadi saya tinggal ke kampus.. Waktu itu saya ingat, hari Senin..

Malamnya, dia tidur di kamar saya, masih di tempat yang sama di pojok ruangan.. Saya beri tissue yang banyak supaya tidak kedinginan.. Dan sepertinya dia senang.. Tapi ternyata, dia bersin-bersin semakin parah, saya sampai terbangun saat tidur malam itu, gak tega rasanya dengerin dia seperti itu.. :'(

Besoknya, dia diberi minum obat flu oleh Ibu.. Tiga kali sehari, dengan dosis yang dikira-kira sendiri.. Tapi sampai malam tidak ada perubahan.. Kemudian Ibu mengingatkan saya “coba kamu cari di internet, sebenernya dia kenapa”..

Oh iya! Kenapa gak kepikiran ya?? Bodoh banget aku…

Micu Coklat dan saudara-saudara (tampak atas)

Akhirnya saya cari di internet dan ternyata memang benar dia terkena flu.. Tanda-tandanya adalah : bersin-bersin, nafas berat, mata tertutup sebelah, hidung basah, dan suka menyendiri di sudut kandang.. Semuanya tepat! :'(

Kemudian saya cari penangannya.. Katanya disuruh memisahkan dengan hamster lain supaya tidak ketularan.. Lalu ditaruh di dekat lampu supaya hangat & diberi serbuk kayu & kuaci yang banyak.. Dengan begitu keadaannya akan membaik.. Oke! I’ll do it! Tapi dua hari tidak kunjung ada perubahan.. Saya kembali mencari alternatif penangannya di internet..

Salah satu sumber mengatakan agar diberi antibiotik “erythrocin”, bisa menyembuhkan flu yang parah.. Dan harus antibiotik itu karena hamster sensitif terhadap antibiotik, kalau bukan itu bisa-bisa nanti mati.. Tapi sayang sekali tidak disebutkan seberapa dosisnya juga apakah harus disertai obat flu atau jangan, sementara di kota saya, saya tidak tau apakah ada dokter hewan atau tidak.. :'(

Micu tidur lucu banget! :D

Akhirnya siang itu juga saya mencari obat tersebut di apotek dekat rumah.. Namun, ternyata tidak ada, adanya “erythromicin”.. Saya ragu.. Akhirnya saya coba cari di apotek lain, hingga tiga apotek besar dan semuanya sama..

Tapi ada setitik cerah di apotek terakhir, apotekernya bilang kalau di obat erythromicin itu isinya ya erythrocin.. Yasudah, akhirnya saya beli 5 kapsul..

Bingung dengan dosisnya, akhirnya saya putuskan satu kapsul untuk 1 hari alias 3 kali minum.. Cara meminumkannya adalah dengan disuapi paksa (^^v), menggunakan dot minumnya.. Berhubung satu hari terakhir Micu-Coklat tidak mau makan (sudah saya coba berbagai makanan mulai dari toge, oyong, kuaci), maka obat tersebut diminumkan bersama dengan susu dan madu..

Saya masih ingat, saya beli obat tersebut pada Sabtu malam.. Metode seperti itu berjalan 2 hari.. Dan tidak ada kemajuan.. Badannya menjadi kurus kering karena tidak mau makan.. Sedih banget ngeliatnya.. :'(

Tidur yang aneh..

Hingga pada hari ketiga, waktu itu saya sedang berada di kampus tiba-tiba dapat SMS dari Ibuk yang isinya kira-kira begini :

Alhamdulillahmicu dah mau makan toge n ceme (oyong, red). Ni baru megang ceme.

Betapa senangnya saya waktu itu, sampai-sampai SMS tersebut saya tunjukkan ke teman-teman sambil setengah teriak “Micu dah mau makan! Micu dah mau makan!”.. Mungkin dalam hati teman-teman saya bingung ‘kenapa sih ni anak?‘ hehehehe..

Tapi keadaan bahagia itu tidak berlangsung lama.. Hari Kamis malam, Micu Coklat kembali ‘melemah’.. Hanya tiduran saja.. Padahal sebelumnya begitu dilepas, dia akan lari kemana-mana (meskipun larinya tidak secepat Micu normal)..

Micu Coklat - dua hari awal sakit :'(

Hari itu, Ibu yang biasanya meminumkan obat (saya terus terang tidak tega melakukan pekerjaan itu, hanya melihat Ibu meminumkan obat padanya saja saya menangis.. Saya biasanya yang menyiapkan alat dan bahan, serta mencuci dot-nya setiap kali habis digunakan..) sudah tidak tega meminumkannya..

Tiap kali diberi obat, dia meronta-ronta & menampik dot dengan tangannya, tapi hari itu dia sudah ‘pasrah’, mungkin sudah tidak punya tenaga untuk melawan.. Ibu jadi tidak tega meminumkan obat, takut malah menyakiti & membuat dia menderita.. :'( :'(

Akhirnya, hari Jumat Ibu hanya memberi obat paginya.. Saya ingat pagi itu saya di SMS oleh Adik menanyakan keberadaan dot minum.. Waktu itu posisi saya sedang di kampus, teman saya pada hari sebelumnya ‘memesan’ Micu yang jenis satunya (karena induknya beranak lagi, jadi saya punya banyaaaak) jadi hari itu saya mengantar sepasang Micu jenis Tiger untuk teman saya itu..

Kondisi Micu Coklat ketika sakit.. :'(

Sedikit intermezo, sebenarnya awalnya saya hampir menangis waktu menyerahkan sepasang Micu itu (Micu jantan itu kesayangan Bapak & Adik, karena gendut sekali, hehe), di rumah waktu akan saya bawa sebelumnya saya minta keluarga untuk say goodbye dulu pada sepasang Micu itu.. Udah kayak bagian dari keluarga deh pokoknya..

Tapi waktu perjalanan pulang dari kampus, saya sudah ikhlas.. Dan entah kenapa, saya berkata pada diri saya sendiri saat itu “kamu bisa mengikhlaskan sepasang Micu Abu-abu itu, kamu juga harus bisa mengikhlaskan Micu coklat bila nanti memang sudah tidak bisa tertolong“..

Entah kenapa, rasanya seperti firasat.. Terlebih lagi mengingat kenyataan kondisi terakhir Micu Coklat yang sudah semakin parah.. Dan benar saja.. Ketika saya sampai di rumah (waktu itu Ashar), saya diberitahu Bapak jika Micu Coklat sudah mati, baru saja.. :'( :'(

You've Been So Much Nice for Me All Your Life.. :'(

Duh, sedih rasanya.. Dan saya pun langsung menangis, mengingat semua hal yang telah saya lalui bersamanya(?).. Bagaimana pun juga, dia adalah favorit saya.. Namun, semua ini pasti yang terbaik.. Jika terus di sini, dia pasti akan semakin menderita.. Kemarin (17/6) tepat seminggu kepergian Micu Coklat, dan hingga hari ini saya masih menangis jika melihat foto-fotonya.. Bisa Anda bayangkan betapa berat bagi saya menulis ini, untuk mengenangnya.. :'(

Selamat tinggal Micu Coklat.. Semoga kamu mendapat yang terbaik di sana.. You’ve shown me how it feels to have a favourite.. I love you very much.. :'( :'(

In Memorian Of Micu.. T_T

Ketika tiba di rumah..

Micu minum sampe ketiduran..

Tanggal 19 februari kemarin, kami sekeluarga pergi ke Kendal karena ada saudara yang baru pindahan rumah (ikutan ngreyen rumah baru ceritanya, hehe) sekalian nengokin Mbah juga yang kebetulan juga sedang ada di sana.. Singkat cerita, Sabtu-Minggu kami di sana.. Minggu siang sekitar jam 1 kami bertolak dari Kendal untuk kembali ke Solo..

Nah, sodaraku tersebut punya hamster.. Sebenarnya awalnya ada 2, tapi yang satu mati.. Tinggal yang betina aja.. Kata Mbah, hamsternya mesakne (kasian, red) banget, gak keurus di sana.. Secara adek2 sepupu masih pada kecil-kecil yang sukanya mainan sendiri2.. Katanya kadang-kadang seminggu lupa nggak dikasih makan.. Huhuhu kasian..

Micu makan biji jambu

Oleh Mbah, aku diminta bawa pulang ke Solo itu hamster.. Biar ada yang ngrawat.. Akhirnya, setelah aku bersihin kandangnya & aku mandiin hamsternya, aku bawa deh pulang ke Solo.. Ku beri nama hamster itu Micu.. So Micu, Welcome to your new house!! ^^

Selama di Rumah..

Aku seneng banget ada Micu, emang udah lama pengen ingon-ingon (memelihara sesuatu, red).. Pengen banget ingon kucing, tapi gak direstui Ibu.. Selama di rumah, emang sih dia sendirian, tapi dia aktif buanget (kalo malam siy)! Tepat kalo dijuluki : Micu the explorer! ;)

Micu tiba-tiba jadi fotogenik..

Kalo malam, aku suka lepasin dia di ruang tamu.. Itung-itung nemenin lembur ngerjain TA, biar Micu gak bosen juga.. Seringkali dari jam 9 sampe jam 1 malem, dia gak lelah2nya mondar-mandir ke sana kemari menyusuri sudut-sudut ruang tamu, kadang lewat-lewat di kertas-kertasku.. Kadang berhenti di depanku, kukur-kukur (garuk-garuk, red) sejenak.. Lucu pokoknya..

Hampir tiap malam pula, dia bisa mendadak jadi singa betina! Ups, kog bisa?? Dia tu suka nyembunyiin makanan di pipi sampe menggembung..

Micu mainan roda putar..

Ditambah bulunya yang berwarna oranye, Micu jadi terlihat seperti singa.. Lucu banget pokoknya.. Belum lagi kalo dia garuk-garuk, aku suka ngeliatnya.. Terutama gaya garuk-garuk yang kayak lagi nyisir rambut.. Jadi kangen.. ;)

Tapi kalo siang, Micu kerjaannya cuman tidur, makan, kukur-kukur.. -_-” kata pacarku, suruh nyariin temen buat Micu, biar Micu ada kerjaan.. Akhirnya aku hubungi temenku yang juga punya hamster, minta satu yang jantan (hahaha tetep gak mau beli).. Dan dikasih deh (thanks to Yanti), tapi ternyata mereka beda jenis.. Micu hamster syria, hamsternya Yanti jenis tiger (peranakan lathe & pearl, katanya siy).. Tiger lebih kecil badannya daripada Syria..

Setelah mondar-mandir minta dikeluarin sampai capek, Micu ketiduran di atas genteng rumah..

Karena aku buta hamster(?), jadi ya ku anggap gak masalah digabungin.. Ku beri nama Moci.. Ditunggu seminggu, kog gak ada chemistry(??) di antara mereka.. Ternyata beda jenis beda sifat ya (ya iyala!).. Micu itu sifatnya eksplorer, kalo Moci sebaliknya, sukanya diem di tempat gelap tapi larinya busettt cepet banget kayak jet(???)..

Akhirnya, karena ku pikir mereka tak bisa bersatu (halah), ku carikan mereka pasangan masing-masing.. Tetanggaku ada yang punya, jadi pertama-tama aku sama Ibu ke sana, siapa tau sama & bisa dibeli satu.. Ternyata jenisnya beda lagi, hamster tetangga matanya merah & suka gigit! Hiiiiy..

Micu garuk-garuk

Micu & Moci matanya item & mereka gak gigit lho.. Belakangan baru tau kalo tempat tetangga itu jenisnya Champbel (eh, ato apa ya? hahahaha).. Haduhh,, ribet ya punya peliharaan.. -_-”

Sempet ke Solobaru juga, kalo Minggu pagi jalanan ramai karena banyak orang jalan-jalan, lari-lari, dan otomatis banyak pedagang.. Tiap Minggu pagi mendadak jadi seperti pasar malam.. Salah satunya ada yang jualan hamster.. Setelah aku & Ibu ke sana, makin bingunglah kita.. Hamsternya mirip Micu, tapi kecil.. Nah lho, jenis apa pula itu ya??

Daripada pusing, akhirnya aku & Ibu membawa Micu & Moci kita bungkus pake kardus & kita bawa ke pasar hewan! Perjalanan dari rumah sekitar 30 menit.. Singkat cerita, dapatlah kita 2 hamster lagi & satu kandang.. Mereka berempat terlihat saling cocok satu sama lain.. Aku jadi ikut senang.. ^^

Micu Makan Nasi Sampai Mecucu

Oiya, sebagai catatan, selama di rumah, Micu & Moci udah aku kasih makan nasi, sawi, mie rebus, permen, minuman suplemen, kopi, dll.. hahaha.. Dua hamster yang baru dibeli pun dinamai Micu & Moci.. Abisnya ntar ribet kalo kebanyakan nama..

Micu betina sempet “ilang”, masuk ke belakang lemari selama 2 hari 1 malam waktu kandangnya aku bersihin.. Selama itu kami sekeluarga khawatir sih, tapi kami tau Micu masih di situ, soalnya ada bunyi “krauk-krauk” Micu makan tembok(?).. Selama itu pula aku stress & jadi sakit.. :'(

Pagi Saat Hilang..

Malam hari sebelumnya, aku lembur TA.. Micu jantan & betina aku lepasin di ruang tamu nemenin aku.. Micu jantan tiba-tiba masuk kandang sendiri (dia emang sukanya begitu, pinter ya?) tapi Micu betina behhh jangankan ngandang sendiri, kalo udah jadi singa dia pasti minta keluar sampe-sampe kandangnya berantakan karena dia mondar-mandir gak karuan.. Micu betina nemenin aku sampe sekitar jam 1 malam.. Begitu mau tidur, kandangnya aku taruh di depan pintu kamar..

Micu jadi singa betina, lucu banget :')

Tadi pagi (Senin 7 maret), begitu bangun tidur & buka pintu kamar, Micu berdua ternyata udah bangun.. Dan begitu liat aku, Micu betina langsung petungul-petungul(?) minta dikeluarin..

Kepagian Cu,  aku kasih makan aja ya..

Aku buka kandangnya & masukin tanganku, mau kasih makan.. Eeeh, Micu betina kepalanya udah anguk-anguk (keluar-keluar) gitu, sampe-sampe tanganku gak bisa tak keluarin, nyangkut sama kepalanya dia..

Hmmmm,, karena kasian (& gemessss), akhirnya aku keluarkan dia di kamar.. Waktu itu masih jam 7 pagi, aku masih santai-santai tiduran di kamar.. Sesekali aku liat Micu masih mondar-mandir.. Aku akhirnya muter mp3.. Dapet kira-kira 2 lagu, aku liat lagi sekeliling kog Micu gak keliatan mondar-mandir ya? Mungkin baru garuk-garuk.. Beberapa lama aku liat lagi kog gak keliatan juga, langsung deh aku periksa sudut-sudut kamarku dan….

MICU HILANG!!! T_T

Micu ketiduran di sembarang tempat.. -_-"

Gak mungkin lewat jendela, selain temboknya rada tinggi jendela pun tertutup.. Gak mungkin masih di kamar, gak ada suara “krauk-krauk”.. Terduga terakhir adalah kabur lewat pintu.. Memang sih pintu tertutup, tapi di bawah pintu ada celah sedikit..

Biasanya kalo Micu aku lepas di ruang tamu, begitu dia lewat depan pintu kamarku & mau masuk lewat celah bawah pintu, dia gak muat.. Tapi gak tau kalo dibalik dari dalam ke luar..

Di dalam ada karpet yang dipaku untuk memperkecil celah, tujuannya supaya gak ada kecoa masuk dari luar kamar (takut kecoa soalnya).. Nah, di ujung pintu emang paku karpetnya ada yang lepas satu.. Aku gak tau apakah Micu muat lewat situ, tapi ini dugaan yang paling masuk akal satu-satunya..

Micu merajuk minta dikeluarin..

Sekeluarnya dari kamar, ada dua pilihan : Micu masuk dalam rumah, atau Micu keluar rumah (pintu ruang tamu terbuka)..

Barusan Ibu & aku menggeser lemari tempat Micu dulu sempet “ngumpet” selama 2 hari 1 malam.. Tapi gak ada tanda-tanda “krauk-krauk”.. Jadi, kuat dugaan Micu keluar rumah.. Mana sedang musim ujan, Micu dimana, makan apa, masih idup atau gak.. :'(

Mana Micu jantan aku lepasin, dia mondar-mandir nyariin Micu betina.. Kasian.. Gak tega liatnya.. T_T

Biar gimana pun, Micu itu hewan, Nov.. Dia punya naluri untuk bertahan hidup di luar sana, kamu gak usah khawatir.. Tempat dia emang di luar sana, hewan itu lebih seneng hidup bebas.. (kata pacar saya, yah cukup menenangkan)

Sweet Memory of Togetherness.. Luv U, My Micu.. :'(

Micu, dimana pun kamu, semoga keadaanmu baik-baik saja.. Makasih udah menemaniku lembur selama ini.. Semoga aku termasuk majikan yg baik..

If it wasn’t due to my indifference, it’s for sure you wouldn’t have been lost..

I’m sorry Micu..

Luv U, Micu. :'(